Padat Penduduk, Pelanggar Lalu Lintas di Jakarta Timur Capai Ribuan dalam Sehari

Dalam Operasi Patuh Jaya 2019 yang digelar hingga tanggal 11 September mendatang, pelanggaran melawan arah jadi fokus dalam penindakan.

Padat Penduduk, Pelanggar Lalu Lintas di Jakarta Timur Capai Ribuan dalam Sehari
TribunJakarta/Bima Putra
Operasi Patuh Jaya 2019 di wilayah Jakarta Timur, Jumat (30/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Kepadatan penduduk di Jakarta Timur yang mencapai 2.391.166 atau paling padat penduduk di Indonesia tampaknya diiringi jumlah pelanggaran lalu lintas yang terjadi.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Sutimin mengatakan tingginya jumlah pelanggaran lalu lintas terlihat dari penindakan yang dilakukan di hari kedua Operasi Patuh Jaya 2019 hari ini.

"Untuk hari Jumat ini kami menindak 1.260 pengendara yang 300 diantaranya melakukan pelanggaran melawan arah," kata Sutimin di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (30/8/2019).

Tingginya jumlah pelanggaran lalu lintas di Jakarta Timur tak lepas dari lingkupnya yang berbatasan dengan kota lain, yakni Depok, Bekasi, dan kota Jakarta lain.

Sutimin menuturkan luas wilayah yang mencapai 28,39 dari Provinsi DKI memungkinkan pengguna jalan dengan tujuan lain melintasi Jakarta Timur.

"Jadi selain karena masyarakatnya yang banyak, pelanggaran itu juga ditambah dari pengendara yang menggunakan jalur penghubung," ujarnya.

Dalam Operasi Patuh Jaya 2019 yang digelar hingga tanggal 11 September mendatang, pelanggaran melawan arah jadi fokus dalam penindakan.

Sutimin menyebut pengguna jalan yang melawan arah tak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga pengguna jalan lain.

"Untuk saat ini kami terus menindak pengendara yang melawan arah di bawah fly over Kalibata, fly over Klender dan fly over Pondok Kopi," tuturnya.

SBY Pernah Wakilkan Tugas ke Boediono Karena Ibunda Sakit, Ini Riwayat Penyakitnya

Jenazah Ibunda SBY Dimakamkan Besok, Malam Ini Disemayamkan di Cikeas

Pria Tewas Terbakar Dalam Mobil Sempat Terlibat Masalah dengan Seorang Kerabat

Pelanggaran lalu lintas lain yang jadi perhatian dalam Operasi Patuh Jaya 2019 karena marak dilakukan yakni menerobos lajur Transjakarta.

Dalam penindakan yang dilakukan selama lima hari beberapa waktu lalu, Sutimin mengatakan Satlantas Polres Metro Jakarta Timur menjaring 5.000 ribu pengendara.

"Bisa dikatakan banyak pengendara yang selama ini terjaring tak memikirkan keselamatan mereka," lanjut Sutimin.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved