Rusuh di Papua

Tanggapi Permintaan Referendum di Deiyai Papua, Wiranto Singgung Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto angkat suara soal permintaan referendum di Kabupaten Deiyai, Papua.

Tanggapi Permintaan Referendum di Deiyai Papua, Wiranto Singgung Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019
TribunJakarta/Jaisy Rahman Tohir
Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, selepas mengisi seminar Forum Nasional Mahasiswa Anti Penyalahgunaan Narkoba 2019, di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (28/3/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM  - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto angkat suara soal permintaan referendum di Kabupaten Deiyai, Papua.

Menanggapi itu, Wiranto lantas menyinggung soal kemenangan Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) di Papua pada Pemilu 2019.

Kemenangan 90 persen Jokowi di Papua secara tidak langsung menunjukkan bahwa mereka setuju di bawah pemerintahan Jokowi.

"Kita tahu bahwa Presiden Jokowi waktu pemilu yang lalu itu hasil pemilihan umum di sana (Papua) kan 90 persen lebih memilih Pak Jokowi. Artinya, setuju dengan pemerintahan Pak Jokowi untuk terus 5 tahun ke depan," kata Wiranto dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, Jumat (30/8/2019).

"Jadi kalau kita jujur sebenarnya tidak perlu demonstrasi yang kemudian menuntut macam-macam," imbuhnya saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, (29/8/2019).

Wiranto menilai, permintaan referendum sama saja mengingkari hasil Pemilu.

Menurutnya tuntutan referendum sudah tidak pada tempatnya.

Pasalnya, NKRI adalah harga mati.

"Tuntutan referendum, saya kira sudah tidak pada tempatnya. Tuntutan referendum itu saya kira tak lagi harus disampaikan karena apa? NKRI sudah final," ungkapnya.

Referendum dinilai hanya dapat dilakukan jika suatu negara terjajah.

Halaman
123
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved