Mal Pelayanan Publik Bekasi Dipindah ke Bekasi Trade Centre Karena Pengembang Tidak Penuhi Kewajiban

"Jadi kalau bicara hak dan kewajiban itu ada di MoU antara Pemkot Bekasi dengan pihak swasta atau pengembang," kata Lintong di BTC Mall

Mal Pelayanan Publik Bekasi Dipindah ke Bekasi Trade Centre Karena Pengembang Tidak Penuhi Kewajiban
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Kepala DPMPTSP Lintong Ambarita saat dijumpai di BTC Mall Bekasi, Senin (2/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memindahkan lokasi Mal Pelayanan Publik (MPP) dari Pasar Proyek Bekasi Junction ke Bekasi Trade Centre (BTC) di Jalan HM. Joyo Martono, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Perpindahan lokasi MPP ini cukup mendadak, pasalnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mengaku, persipan pemindahan baru dilakukan sejak tiga hari lalu.

Lokasi MPP di BTC Mall Bekasi masih dalam tahap persiapan sejak dipindah dari Pasar Proyek Bekasi Junction, Senin (2/9/2019)
Lokasi MPP di BTC Mall Bekasi masih dalam tahap persiapan sejak dipindah dari Pasar Proyek Bekasi Junction, Senin (2/9/2019) (TribunJakarta/Yusuf Bachtiar)

Kepala DPMPTSP, Lintong Ambarita, mengatakan, alasan pemindahan ini dilakukan lantaran pengembang pusat perbelanjaan Pasar Proyek Bekasi Junction yang beralamat di Jalan Ir. H. Juanda, tidak bisa memenuhi hak dan kewajiban perjanjian kerja sama.

"Jadi kalau bicara hak dan kewajiban itu ada di MoU antara Pemkot Bekasi dengan pihak swasta atau pengembang," kata Lintong di BTC Mall, Senin (2/9/2019).

Hak dan kewajiban yang tidak dapat dupenuhi oleh pengembang diantaranya sarana fasilitas seperti pendingin ruangan. Lalu ditambah lagi, lokasi Pasar Proyek Bekasi Junction sudah tidak tersedia lagi area yang dapat dimanfaatkan untuk menambah gerai pelayanan MPP.

"Sarana dan prasarana tidak bisa ditingkatkan, makanya kita bentuk satu tempat yang lebih representatif, sekarang mungkin kalau di Bekasi Junction AC-nya agak kurang dingin mohon maaf ya, tapi kalau di sini (BTC Mall) tempatnya lebih represntatif," ungkap dia.

Adapun di Pasar Proyek Bekasi Junction, Pemkot Bekasi sebelumnya telah melakukan kerja sama sejak kurang lebih dua tahun terkahir. Pada tahun pertana, pemkot mendapat batuan CSR dengan digratiskan biaya sewa tempat, memasuki tahun berikutnya, pemerintah mulai membayar uang sewa per bulan.

Biaya sewa per bulan di MPP Pasar Proyek Bekasi Junction yang memiliki luas sekitar 509 meter persegi, sebesar Rp 73 per bulan. Biaya itu terdiri dari service carge Rp 70.000 per meter persegi, ditambah biaya sewa gerai Rp 75.000 per meter persegi.

Hanya Diberi Uang Rp 1 Juta, Pencari Suaka Asal Timur Tengah Merasa Dibohongi UNHCR

Bukan 15 Tapi 21 Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang, 1 Korban Terjebak

Anjing yang Gigit ART di Cilangkap Hingga Tewas Pernah Gigit 10 Warga, Diantaranya Anak-anak

"Kalau di Bekasi Junction tahun pertama CSR tapi tahun berikutnya kita sewa, makanya kita sudah sewa, kita sudah bayar service carge, ada hak dan kewajiban yang tidak terpenuhi ya itu, kita kan sudah memenuhi kewajiban nah lalu hak kita atas nama masyarakat kan kita minta," tegas dia.

Sedangkan untuk di BTC Mall, Pemkot Bekasi selama dua tahun digratiskan biaya sewanya, fasiltas sekat dan perlengkapan penunjang lain juga disediakan pihal pengembang. Luas area MPP di lokasi baru ini mencapai 700 meter persegi.

"Besok rencana kita akan launching, saat ini kita kebut persiapan seperti jaringan, fasilitas meja kursi, dekorasi, semua harus kita tuntaskan hari ini," tegas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved