Angkasa Pura II Mau Rekrut Penyandang Disabilitas, Kemenhub Nilai Fasilitas di Bandara Belum Ramah

Ia juga menyebutkan, walau terdapat fasilitas untuk disabilitas, namun belum memenuhi kebutuhan.

Angkasa Pura II Mau Rekrut Penyandang Disabilitas, Kemenhub Nilai Fasilitas di Bandara Belum Ramah
TribunJakarta/Ega Alfreda
Catur Sigit Nugroho selaku inspektorat jenderal di Kementerian Perhubungan yang melakukan pemetaan di Bandara Soekarno-Hatta untuk penyandang disabilitas, Rabu (4/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Fasilitas untuk penyandang disabilitas oleh PT Angkasa Pura II dinilai belum bersahabat dan ramah untuk penyandang disabilitas.

Diketahui, PT. Angkasa Pura sendiri dalam waktu dekat akan mempekerjakan penyandang disabilitas bergabung dalam menyapa pelanggan di 16 bandara yang dikelolanya.

Seperti yang diutarakan oleh Catur Sigit Nugroho dari inspektorat jenderal di Kementerian Perhubungan, kalau fasilitas di gedung Angkasa Pura II yakni gedung 600 belum ramah disabilitas.

"Kalau di sini banyak yang fasilitas yang untuk disabilitas, karena memang dari tadi di Terminal 1 sampai 3 fasilitas mendukung cuma di kantor pusat (gedung 600) yang toiletnya agak susah," kata Catur di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (4/9/2019).

Ia juga menyebutkan, walau terdapat fasilitas untuk disabilitas, namun belum memenuhi kebutuhan.

Lantaran masih terpantau minim dan sulit ditemukan mengingat seperti Bandara Soekarno-Hatta bukanlah tempat yang sempit.

Terlebih, PT. Angkasa Pura II berencana untuk merekrut penyandang disabilitas bukan hanya yang menggunakan kursi roda saja.

"Kalau untuk pegawai itu terutama masalah akses dari tempat kendaraan sampai ke ruang kerja itu harus ada akses. Untuk kursi roda atau pun tuna netra, kalau tuna netra itu ada guiding block," ujar catur.

"Toilet juga harus terfasilitasi, karena kami kan pengguna kursi roda itu berbeda kebutuhan. Ketika menggunakan toilet tidak seperti yang lain, tapi kita harus bermanuver itu butuh space yang agak luas," sambungnya.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved