Patroli Sepeda Jadi Alternatif Olahraga Petugas di Terminal Kampung Rambutan

Ia mengatakan justru ketagihan berkeliling menggunakan sepeda. Tak jarang ia bisa lebih dari 2 kali mengitari Terminal Kampung Rambutan.

Patroli Sepeda Jadi Alternatif Olahraga Petugas di Terminal Kampung Rambutan
TRIBUNJAKARTA/NUR INDAH FARRAH AUDINA
UPTAJ Sudin Perhubungan Dki Jakarta Patroli Sepeda di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - UPTAJ Dishub DKI Jakarta mengakui patroli sepeda jadi alternatif olahraga.

Sejak 1 Sepetember 2019, Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur berlakukan patroli sepeda. Sebanyak 2 sampai 3 petugas akan berkeliling memantau keamanan hingga mengatur lalu lintas yang ada pada pagi dan sore hari.

Hal ini justru dimanfaatkan para petugas PJLP untuk berolahraga menggunakan sepeda pada saat patroli denga menambah putaran patroli.

Rama Amali (25), satu diantara petugas patroli sepeda berbagi pengalamannya setelah beberapa hari menjalani rutinitas ini.

Ia mengatakan justru ketagihan berkeliling menggunakan sepeda. Tak jarang ia bisa lebih dari 2 kali mengitari Terminal Kampung Rambutan.

"Yang pertama balik lagi ke tugas kita dulu. Begitu lihat kondisi aman dan lalin lancar, saya keliling lagi. Bisa 2 sampai 3 kali. Jadi sekalian olahraga sambil gowes sepeda," ucapnya di lokasi, Kamis (5/9/2019).

Selama berkeliling, Rama juga memantau pelayanan yang ada di Terminal Kampung Rambutan serta kebersihan di lokasi.

Banyaknya bus antar kota yang masuk dan penumpang dari daerah lain, membuat petugas harus mengutamakan kebersihan. Tak jarang ia menegur para penumpang atau supir yang membuang sampah sembarangan.

"Kalau pakai sepeda kan jalannya santai. Kecepatan diatur sendiri dan enggak pakai bensin. Jadi mau jalan selama apapun santai. Yang penting kebersihan sama keamanan nomor satu selama patroli. Jadi begitu ada yang nyampah bisa langsung ditegur kita samperin langsung aja," sambungnya.

Rencananya, patroli sepeda akan terus diberlakukan di Terminal Kampung Rambutan. Langkah ini diambil untuk membantu mengurangi kadar polutan udara di Jakarta. Serta mengajak masyarakat sekitar untuk menggunakan sepeda ketimbang kendaraan pribadi.
 

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved