Ada Puluhan Tempat Pembuangan Sampah Liar di Bataran Kali Jambe Desa Mangunjaya Bekasi

"Tempat pembuangan sampah liar atau para pemulung yang mendaur ulang sampah ini kemudian tanpa kesadaran yang tinggi membuang ke kali," ujar dia.

Ada Puluhan Tempat Pembuangan Sampah Liar di Bataran Kali Jambe Desa Mangunjaya Bekasi
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Sejumlah petugas tengah melakukan pemberihan tumpukan sampah di Kali Jambe Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Jumat (6/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMBUN SELATAN - Tumpukan sampah di Kali Jambe Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi diduga kuat berasal dari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar yang ada di sepanjang bantaran kali.

Kepala Desa Mangunjaya, Idi Rohidi mengatakan, keberadaan TPS liar di sepanjang bantaran Kali Jambe cukup banyak dijumpai, sampah tersebut sengaja dibuang ke kali atau tanpa sadar tecebut lantaran lahan penumpukan sampah berada di persis bibir sungai.

"Cukup banyak, di Mangunjaya aja mugkin lebih dari 10 titik, di bantaran kali, itu semua ilegal ya," kata Idi di lokasi penumpukan sampah di Kali Jambe, Jumat (6/9/2019).

TPS liar atau ilegal ini seluruhnya dikelola oleh perorangan, mereka secara rutin mengangkut sampah dari perumahan di sekitar Kali Jambe untuk selanjutnya dikumpulkan di bantaran sungai.

Kondisi Kali Jambe di Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi dipenuhi sampah sejak kurang lebih tiga bulan lalu.
Kondisi Kali Jambe di Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi dipenuhi sampah sejak kurang lebih tiga bulan lalu. (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

"Tempat pembuangan sampah liar atau para pemulung yang mendaur ulang sampah ini kemudian tanpa kesadaran yang tinggi membuang ke kali," ujar dia.

Pengelola TPS liar seluruhnya tidak memiliki izin operasi, mereka secara manual berkordinasi dengan warga perumahan untuk diminta mengurus sampah-sampah rumah tangga.

Idi menjelaskan, fenomen tumpukan sampah di Kali Jambe baru terjadi baru-baru ini saja. Namun dia menduga, volume sampah yang ada di TPS liar kian menumpuk, metode pembakaran sampah yang selama ini dilakukan belum dapat mengurangi tinggi tumpukan sampah sehingga ada dugaan sengaja dibuang ke kali.

"Ada unsur kesengajaan mereka mungkin buang ke kali, karena sebelumnya tidak pernah seperti ini," jelas dia.

Dia berharap kedepan TPS liar di bantaran Kali Jambe dapat ditutup, adapun solusi pembuangan sampah untuk warga selanjutnya dapat ditangani Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Halaman
1234
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved