Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Sebut Kali Jambe Pernah Dinormalisasi

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi menyebutkan, aliran Kali Jambe pada tahun 2018 silam sempat dilakukan normalisasi.

Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Sebut Kali Jambe Pernah Dinormalisasi
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Kepala Bidang Sumber Daya Air Chaidir saat dijumpai di lokasi pembersihan sampah Kali Jambe Tambun Selatan Bekasi. Jumat (6/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMBUN SELATAN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi menyebutkan, aliran Kali Jambe pada tahun 2018 silam sempat dilakukan normalisasi.

Namun, kondisinya saat ini justru makin parah, terdapat tumpukan sampah di aliran kali tepatnya di Desa Mangujaya, Kecamatan Tambun Selatan.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Chaidir mengatakan, kegiatan normalisasi di Kali Jambe kala itu dilakukan di titik aliran sungai dekat Tol Jakarta Cikampek, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

"Sebelumnya sudah tahun lalu (dinormalisasi), di deket tol, karena sungai itukan panjang jadi tidak satu aliran sungai kami normalisasi," kata Chaidir di Kali Jambe, Jumat (6/9/2019).

Saat itu kata dia, normalisasi juga dilakukan akibat sampah dan tanaman eceng gondok yang menutupi kali.

Namun, kondisi serupa ternyata terjadi kembali di aliran Kali Jambe, kali ini terdapat di bagian hilir sungai.

"Waktu itu kita bersihkan sampai tuntas di dekat tol, ternyata di hilirnya ada lagi kondisinya penuh dengan sampah," ujar dia.

Solusi Atasai Sampah Kali Jambe, Camat Minta Tempat Penampungan Sementara

Adapun, untuk Kali Jambe, PUPR akan terus melakukan kordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Kegiatan normalisasi kali sendiri biasanya bukan hanya mengangkut sampah yang memenuhi kali tetapi juga pengangkutan gulma dan sendimen yang mengendap di sungai.

"Yang kita normalisasi itu sedimen, gulma, jadi sampah itu kita tidak ada normalisasi sebetulnya, tapi karena sampahnya berada di kali ya alat berat ada di kita, tapi penanganan sampah ada di teman-teman DLH, jadi bersinergi saja," jelas dia.

Adapun kondisi Kali Jambe dipenuhi sampah sepanjang kurang lebih 500 meter, sampah ini menurut warga setempat sudah menumpuk sejak tiga bulan silam.

Tumpukan sampah ini didominasi dengan sampah plastik rumah tangga, hampir sebagian besar kondisinya sudah dalam keadaan terbungkus yang dilduga sengaja dibuang langsung ke kali.

Warga setempat menuding, tumpukan sampah di Kali Jambe, Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi diduga berasal dari TPS liar yang berada di bantan aliran kali.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved