Jokowi Resmikan Pabrik Esemka, Buatan Indonesia Tapi Bukan Mobil Nasional

Pabrik Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi akhirnya diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) di Sambi-Boyolali, Jawa Tengah

Jokowi Resmikan Pabrik Esemka, Buatan Indonesia Tapi Bukan Mobil Nasional
TRIBUN/HO/AGUS SUPARTO
Presiden Joko Widodo menjajal mobil pick up Esemka Bima 1200cc di Boyolali, Jateng, Jumat (6/9/2019). Hari ini Jokowi bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meresmikan pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) yang akan memproduksi mobil merk Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pabrik Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi akhirnya diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) di Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Dengan resminya pabrik tersebut, otomatis Esemka akan langsung memasarkan produk pertamanya, yakni Bima 1.2 dan 1.3.

Keduanya datang sebagai mobil niaga ringan untuk pedesaan. Menariknya, ternyata harga off the road dari Bima cukup menggiurkan, yakni Rp 95 juta.

Dengan banderol tersebut, Jokowi pun optimis Esemka akan segera dibanjiri pemesanan.

"Namanya produksi mudah tapi memasarkannya sulit kalau harga tidak sesuai keinginan konsumen. Saya melihat harganya kompetitif, saya tanya itu Rp 95 juta off the road. Feeling saya laku keras," kata Jokowi kepada media di Boyolali, Jumat (6/9/2019).

Mobil Esemka Bima 1.2 dan 1.3 di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi Tidak hanya itu, Jokowi juga mengatakan secara kualitas, Esemka Bima cukup baik. Apalagi sebagai mobil yang diproduksi pertama.

"Ya ini produksi pertama, tapi sudah bagus untuk produksi pertama, baik secara desain," kata Jokowi.

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya, membenarkan soal harga tersebut.

Menurut Eddy, pihaknya sebagai pabrikan memang mematok harga Bima sebesar Rp 95 juta untuk off the road.

Sementara untuk harga on the road, Eddy menjelaskan itu nantinya akan menjadi ranahnya jaringan penjualan Esemka. Karena semua produk Esemka akan dipasarkan melalui diler, sementara pabrik hanya sebagai menyuplai produk saja.

Halaman
1234
Penulis: MuhammadZulfikar
Editor: Muhammad Zulfikar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved