BJ Habibie Meninggal

BJ Habibie Meninggal, Pemerintah Nyatakan Hari Berkabung Nasional Selama 3 Hari

Sebagai penghormatan setinggi-tingginya untuk BJ Habibie Pemerintah menyatakan pengibaran bendera negara setengah tiang dan Hari Berkabung Nasional.

BJ Habibie Meninggal, Pemerintah Nyatakan Hari Berkabung Nasional Selama 3 Hari
TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas
Presiden ke-3 RI BJ Habibie tengah menyekar di TPU Tanah Kusir pada Minggu (30/9/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/9/2019).

Rencananya BJ Habibie dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Sebagai penghormatan setinggi-tingginya untuk almarhum, Pemerintah menyatakan pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang dan Hari Berkabung Nasional.

Pengibaran bendera Merah Putih berlangsung dari 12 sampai 14 September 2019.

Hal itu diketahui berdasarkan surat yang dikeluarkan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia pada 11 September 2019.

Berikut isi surat lengkap terkait pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang untuk menghormati meninggalnya BJ Habibie sebagai bapak bangsa.

Untuk memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada putra terbaik bangsa, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik lndonesia Ke-3) yang telah wafat pada tanggal 11 September 2019 di Jakarta, sesuai dengan Pasal 12 ayat (4), ayal (5), dan ayat (6) Undang-Undang Republik lndonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, kepada para Pimpinan Lembaga Negara, Gubernur Bank lndonesia, Menteri, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Pimpinan Lembaga Non Struktural, Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Gubernur, Bupati, Walikota, Pimpinan BUMN BUMD, serta Kepala Perwakilan Republik lndonesia di Luar Negeri beserta jajaran dimohon untuk mengibarkan
Bendera Negara setengah tiang selama 3 (tiga) hari berturutturut terhitung mulai tanggal 12 September 2019 sampai dengan 14 September 2019. Selanjutnya kepada Gubernur' Bupati dan Walikota agar menyampaikan kepada masyarakat luas untuk mengibarkan Bendera Negara setengah tiang.

Pada kurun waktu tersebut juga dinyatakan sebagai Hari Berkabung Nasional.

Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih

Menteri Sekretaris Negara

Pratikno

Surat ini ditembuskan ke Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Penulis: Y Gustaman
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved