BJ Habibie Meninggal

Masjid Pemkot Tangsel Gelar Salat Gaib Doakan Mendiang BJ Habibie

Selain hari ini, masjid Pemkot Tangsel juga akan menggelar salat ghaib kembali selepas salat Jumat esok saat jamaah sedang ramai.

Masjid Pemkot Tangsel Gelar Salat Gaib Doakan Mendiang BJ Habibie
TribunJakarta/Jaisy Rahman Tohir
Salat gaib mendoakan mendiang Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie di Masjid Al-I'tishom, yang merupakan masjid pemerintah kota Tangsel, Jalan Maruga, Ciputat, Kamis (12/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT - Sebelum salat zuhur, pengelola masjid Al-I'tishom, yang merupakan masjid pemerintah kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel), mengumumkan akan menggelar salat ghaib untuk mendoakan mending Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Setelah salam ke dua salat zuhur, imam pun langsung diri kembali, tanpa instruksi lebih lanjut, sekira lima baris jamaah langsung ikut berdiri untuk salat ghaib.

Yahya Sutaemi, Wakil Bidang Manajemen Masjid, mengatakan, masjid Al-I'tishom memang selalu mengadakan salat ghaib bagi pegawai Pemkot Tangsel yang meninggal dunia ataupun tokoh nasional.

"Kita di masjid Al'Itishom Pemkot, bahwa kalau ada yang meninggal di lingkungan Tangerang Selatan, kita adakan salat ghaib di sini, begitu juga untuk tokoh nasional kita (BJ Habibie) ya," ujar Yahya usai salat ghaib, Kamis (14/9/2019).

Selain karena kebiasaan, Yahya mengatakan, pihaknya juga mendapat surat edaran untuk menggelar salat ghaib itu dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Kebetulan kita dapat edaran dari dewan masjid Indonesia dan majelis ulama Indonesia agar masjid-masjid menyelenggarakan salat ghaib," ujarnya.

Pelaksanaan pun tak menunggu waktu lama. Yahya mengatakan salat ghaib lebih baik dilaksanakan secepatnya.

Selain hari ini, masjid Pemkot Tangsel juga akan menggelar salat ghaib kembali selepas salat Jumat esok saat jamaah sedang ramai.

"Kita laksanakan hari ini karena lebih cepat lebih baik. Jumatan ramai lebih bagus lagi," jelasnya.

Yahya menyebut Habibie sosok yang penting dan patut dijadikan tauladan bagi masyarakat muslim Indonesia.

Lautan Manusia Iringi Kepergian Jenazah BJ Habibie ke TMP Kalibata, Melanie Subono: Eyang Di Sayang

Tak Hanya Abadikan Rombongan Jenazah BJ Habibie, Warga Lakukan Penghormatan & Lewati Pembatas Jalan

"Beliau itu cendekiawan muslim kaliber nasional yang mendarmabaktikan dirinya kepada Nusa bangsa kita. Sebagai ASN kah, sebagai masyarakat kah, sebaiknya kita mencontoh semangatnya, juga sebagai seorang muslim taat juga. Bagaimana dia seorang teknokrat tapi juga muslim yang taat, ujarnya.

Seperti diketahui, BJ Habibie menghembuskan nafas terakhirnya di usia 83 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pukul 18.03 WIB, Rabu (11/9/2019).

Habibie dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada pukul 13.00 WIB, Kamis (12/9/2019).

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved