Pilkada Tangsel

Pengamat Prediksi Figur Baru Akan Raih Simpati Pemilih pada Pilkada Tangsel 2020

Sejumlah figur mulai muncul ke permukaan dan menyatakan diri siap maju dalam kontestasi Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 mendatang.

Pengamat Prediksi Figur Baru Akan Raih Simpati Pemilih pada Pilkada Tangsel 2020
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi Pilkada 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG SELATAN - Sejumlah figur mulai muncul ke permukaan dan menyatakan diri siap maju dalam kontestasi Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 mendatang.

Mulai nama lama hingga nama baru dengan daya tawar mentereng.

Sebut saja, Siti Nur Azizah, putri dari Wakil Presiden Indonesia terpilih, Ma'ruf Amin, hingga, Nur Asia Uno, Istri dari Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Kedua figur baru itu, belakangan cukup santer menjadi pernincangan.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Zaki Mubarok, memprediksi nama baru akan meraih simpati masyarakat Tangsel.

"Bisa jadi pada pilkada Tangsel mendatang, publik akan mencari figur baru, tidak melirik kepada figur lama," terang Zaki saat dihubungi awak media, Kamis (12/9/2019).

Baginya, para figur baru yang kebanyakan datang dari luar Tangsel itu memiliki strategi dan relasi politik yang mumpuni.

"Belum lagi tokoh tokoh nasional lainnya yang saat ini masih menyusun strategi dan memiliki power kuat dalam akses ke pimpinan partai," jelasnya.

Saat ini ada salah satu poling online yang digelar untuk melihat keterpilihan nama-nama figur calon wali kota Tangsel.

Poling yang dibuat oleh Jaringan Informasi Kinerja ASN (JIKA) itu menunjukkan mantan Sekda Tangsel, Dudung E. Diredja mendapatkan hasil suara tertinggi dengan persentase 40%, posisi ke dua adalah aktivis muda Suhendar dengan perolehan 25,6%.

Posisi ke tiga diisi Aldrin Ramadian, adik kandung Wali Kota Airin 16,2%, ke empat diisi oleh Lurah Cipayung, Tommy Patria Edwardy sebanyak 2,7%, dan kelima diisi oleh wakil walikota Tangsel, Benyamin yang hanya mendapatkan suara sebanyak 1,6% dari jumlah ribuan partisipasi pemilih.

Kenangan Ade Suryana, Pelayan RM Sari Bundo: BJ Habibie Bagi Bagi Rezeki Setiap Datang

Ramalan Zodiak Kesehatan Besok, Jumat 13 September 2019: Cancer Awas Sakit, Gemini Banyak Pikiran

Melihat poling itu, Zaki menggarisbwahi pentingnya jaringan relasi.

Dudung dianggap berhasil membangun jaringan semasa menjabat sehingga masih mendapat perhatian yang cukup besar dari masyarakat.

"Atas dasar itu Dudung memiliki elektabilitasnya lebih tinggi, dan mungkin Dudung lebih aktif membangun networking ke kelompok kelompok strategis masyarakat selama jabat sebagai Sekda," jelasnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved