BJ Habibie Meninggal

Pengelola TMPNU Kalibata Sediakan 700 Kursi Saat Pemakaman BJ Habibie

Pihak TMPNU Kalibata menyediakan sekitar 700 kursi bagi tamu yang hadir dalam pemakaman mantan Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie.

Pengelola TMPNU Kalibata Sediakan 700 Kursi Saat Pemakaman BJ Habibie
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Pekerja menggali makam untuk jasad mantan Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie di TMPNU Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (11/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN - Pihak Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata menyediakan sekitar 700 kursi bagi tamu yang hadir dalam pemakaman mantan Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie.

Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos Pepen Nazaruddin mengatakan pemakaman yang dilakukan Kamis (12/9/2019) dan rencananya dipimpin Presiden Joko Widodo.

"Kalau kursi kita siapkan sekitar 700, dan memang pemakaman ini terbuka. Namun nanti kan diatur oleh Paspampres ketentuannya. Direncanakan inspektur upacaranya bapak Presiden Indonesia," kata Pepen di TMPNU Kalibata, Kamis (11/9/2019).

Meski menyebut pemakaman terbuka untuk umum, tak berarti seluruh warga dapat menyaksikan proses pemakaman Habibie.

BJ Habibie Wafat, Sandiaga Uno: Kita Kehilangan Bapak Bangsa

Jasad Pria Mengambang di Sungai Cisadane, Penuh Darah dan Sempat Cekcok dengan Tetangga

Terlebih mengingat banyaknya pejabat penting yang hadir mengantarkan mantan orang nomor satu Indonesia itu ke tempat peristirahatan terakhirnya.

"Karena keterbatasan space (ruang), upacaranya akan di sela-sela nisan seperti itu. Tentu akan diatur oleh Paspampres agar tidak mengganggu jalannya upacara," ujarnya.

Merujuk informasi yang diterima pihak pengelola TMPNU Kalibata, jenazah BJ Habibie disemayamkan pukul 13.00 WIB dengan tata cara upacara militer.

Penggalian yang melibatkan sekitar 50 petugas makam BJ Habibie dimulai sekira pukul 18.30 WIB atau beberapa saat pihaknya menerima kabar duka.

"Direncanakan sekitar pukul 13.00 WIB, prosesi tata upacara militer yang biasa dilakukan Garnisun. Ada protap (prosedur tetap) tersendiri," tuturnya.

Pantauan TribunJakarta.com, hingga pukul 22.25 WIB proses penggalian makam BJ Habibie yang terletak tepat di samping pusara istrinya masih berlangsung.

Menggunakan perkakas manual para pekerja menggali makam secara bergantian sembari para pekerja lain menyiapkan tenda.

Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved