Pemprov DKI Jakarta Berencana Cari Lokasi Pengungsian Baru untuk Pencari Suaka

Pemprov DKI Jakarta berencana mencari lokasi pengungsian baru untuk menampung para pencari suaka yang kembali memadati gedung eks kodim, Kalideres.

Pemprov DKI Jakarta Berencana Cari Lokasi Pengungsian Baru untuk Pencari Suaka
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Pencari suaka tetap bertahan di penampungan Kalideres meski tak ada aliran listrik. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta berencana mencari lokasi pengungsian baru untuk menampung para pencari suaka yang kembali memadati gedung eks kodim, Kalideres, Jakarta Barat.

Hal ini dilakukan untuk menjalankan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri.

"Langkah selanjutnya adalah bagaimana menerapkan Perpres Nomor 165 tentang penunjukan tempat oleh pemerintah daerah dan pusat untuk para pengungsi," ucap Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DKI Jakarta Taufan Bakri, Jumat (13/9/2019).

Nantinya, tempat baru tersebut bisa berada di lahan milik Pemprov DKI ataupun milik pemerintah pusat.

"Kalau bisa sih aset DKI supaya cepat, kalau bisa, kalau enggak kan petunjuk pimpinan tingkat pusat," ujarnya.

Adapun kriteria dari lokasi pengungsian yang baru tersebut harus dekat dengan tempat ibadah dan dekat rumah detensi rudenim.

"Persyaratannya harus ada sarana ibadah dan dekat tempat rumah deteksi rudenim itu yang punya Imigrasi. Berarti tetap di sekitar Kalideres," kata Taufan.

Ia pun berharap, ada pihak lainnya yang nantinya bisa membantu Pemprov DKI dan pemerintah pusat dalam menangani para pencari suaka.

"Mudah-mudahan ada tanah kosong di sana biar kita bisa tunjuk kemudian mudah-mudahan ada anggaran atau CSR yang mau bantuin ya kita coba bergerak," ucapnya.

Halaman
1234
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved