Wali Kota Bekasi Bandingkan Bantuan Anggaran DKI Lebih Besar Ketimbang Jawa Barat

Jawa Barat sebagai wilayah induk kata Rahmat harusnya dapat memberikan konstribusi lebih besar ketimbang DKI Jakarta yang hanya daerah mitra

Wali Kota Bekasi Bandingkan Bantuan Anggaran DKI Lebih Besar Ketimbang Jawa Barat
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Landmark Kota Bekasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi membandingkan bantuan anggaran yang diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lebih besar ketimbang yang diberikan Pemprov Jawa Barat.

Rahmat mengatakan, dari tahun 2016-2019, DKI telah memberikan dana bantuan yang nilainya hampir Rp 1 Triliun, sedangkan Pemprov Jawa Barat direntang waktu yang sama hanya memberikan sebesar Rp 66,5 Miliar.

"Besar mana coba, ini jujur enggak ada politisasi. Artinya konkretnya memang Kota Bekasi itu mendapat perhatian luar biasa dari DKI," kata Rahmat di Kantor Pemkot Bekasi, Jumat (13/9/2019).

Jawa Barat sebagai wilayah induk kata Rahmat harusnya dapat memberikan konstribusi lebih besar ketimbang DKI Jakarta yang hanya daerah mitra Kota Bekasi.

Berkat DKI kata dia, banyak kegiatan infrastruktur yang dapat dibangun di daerah yang ia mimpin.

"Sehinngga kita bisa bangun PJU (penerangan jalan umum), bebasin lahan, lingkungan sekolah, flyover," ungkap dia.

Balita Tewas Setelah Makan Nasi Goreng dari Sekolah, Orangtua: Kita Sudah Ikhlas, Anggap Ini Takdir

Ketika ditanya soal wacana penggabungan wilayah Bekasi ke DKI Jakarta, Rahmat menilai hal ini diserahkan langsung ke rakyat yang menentukan. Namun jika dilihat dari dana bantuan yang selama ini diberikan, tentu DKI memiliki kontribusi lebih besar dari Jawa Barat.

"Cobain aja tanya warga dan tokoh (soal wacana gabung DKI), anggaran itu visible (terlihat) enggak," ucap Rahmat.

Sebelumya, wacana gabung DKI sempat diucapkan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi ketika ditanya soal wacana pemekaran wilayah Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Bogor Raya dimana, Bekasi masuk dalam wacana provinisi baru tersebut.

"Ada yang gagas (wilayah Bekasi) jadi Jakarta Tenggara, karena kesamaan kultur, budaya," kata Rahmat saat dijumpai di Gedung DPRD Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, Jumat (16/8/2019).

Gagasan Jakarta Tenggara akan sangat relevan bila dibanding wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya yang sempat disinggung Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Bupati Bogor Ade Yasin.

"Pada intinya kalau untuk mempercepat proses kesejahteraan, pembangunan, sah-sah saja, cuma mungkin Bekasi itu lebih identik dengan Jakarta," imbuhnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved