Kabut Asap Kalimantan Menebal, Penerbangan Rute Bandara Soekarno-Hatta Dialihkan ke Makassar

Kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan sudah semakin parah adanya hingga masuk tahap mengganggu aktivitas penerbangan.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Siti Nawiroh
TRIBUN SUMSEL/M AWALUDDIN FAJRI
KEBAKARAN HUTAN - Helikopter dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan berusaha memadamkan kebakaran lahan dengan cara water boombing di Kabupaten Pedamaran, Sumatera Selatan, Sabtu (29/8/2015). Kebakaran lahan ini merupakan penyebab terjadinya kabut asap dibeberapa wilayah termasuk kota Palembang (TRIBUNSUMSEL/M.A.FAJRI) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan sudah semakin parah adanya hingga masuk tahap mengganggu aktivitas penerbangan.

Sebab, dari data yang didapatkan, penerbangan pesawat terbang komersil terpaksa ada yang mengalami penundaan alias delay.

Bahkan ada beberapa penerbangan yang melakukan pengalihan pendaratan (divert).

Seperti yang terjadi oleh Maskapai Lion Air yang mengalami gangguan penerbangan berupa delay dan divert dari Bandara Soekarno-Hatta.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, sejumlah penerbangan Lion Air Group dari dan menuju Kalimantan mengalami keterlambatan (delay).

Dapat Banyak Kritik Suporter Indonesia, Andritany: Saya Sudah Mapan dan Sudah Biasa Dapat Tekanan

Beberapa rute pun terpaksa dilakukan divert bahkan dilakukan pembatalan penerbangan (cancel) akibat kabut asap.

"Keputusan tersebut disebabkan akibat cuaca buruk berupa fog atau smoke (kabut asap) yang terjadi di beberapa daerah," ujar Danang saat dihubungi, Selasa (14/9/2019).

Divert dan melakukan pembatalan penerbangan menurutnya merupakan keputusan yang tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Dampak yang timbul dari keputusan tersebut berpotensi mengakibatkan terganggunya pada rotasi pesawat untuk sektor atau rute penerbangan berikutnya," Sambung Danang.

Tanggapan Andritany Ardhiyasa Soal Rentetan Hasil Buruk yang Didapat Persija Jakarta

Danang merinci, hari ini terdapat dua penerbangan rute Bandara Soekarno-Hatta ke Kalimantan yang divert ke bandar udara lain.

"Lion Air JT-626 rute Bandara Soetta-Tarakan divert Balikpapan dan penerbangan Batik Air ID-6258 rute Bandara Soetta-Samarinda divert Makassar," ungkap Danang.

Selain kedua penerbangan tersebut, Lion Air rute Surabaya-Samarinda juga mengalami hal yang sama.

Ada yang mengalami divert ke Balikpapan yakni JT-314 dan JT-666 di-divert ke Makassar.

Menurut Danang, kondisi penerbangan tersebut disebabkan karena jarak pandang yang pendek (visibility below minimum) di Bandara tujuan.

Sudin PKP Jakarta Timur Berhasil Selamatkan Anak Kucing Kampung yang Terperosok di Sumur Pompa

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved