Anies Baswedan Ingin Balai Kota DKI Jakarta Jadi Salah Satu Lokasi Pusat Kesenian Betawi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan agar Balai Kota DKI menjadi salah satu lokasi pusat kesenian Betawi di Ibu Kota.

Anies Baswedan Ingin Balai Kota DKI Jakarta Jadi Salah Satu Lokasi Pusat Kesenian Betawi
TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin agar Balai Kota DKI Jakarta jadi salah satu lokasi pusat kesenian Betawi, Minggu (15/9/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAGAKARSA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan agar Balai Kota DKI menjadi salah satu lokasi pusat kesenian Betawi di Ibu Kota.

Sebab, pusat Perkampungan Budaya Betawi yang ada di Setu Babakan dinilai terlalu jauh bagi masyarakat yang menetap di sekitar Jakarta Pusat, hingga Utara.

"Kita berharap nanti Balai Kota juga menjadi salah satu pusat. Karena kita di sini lumayan agak jauh datangnya ke Setu Babakan. Bagi yang ada di daerah Utara dan daerah Pusat, nanti Insya Allah kita buatkan kegiatan kebudayaan-kesenian secara rutin," kata Anies dalam acara Milad ke 19 Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Minggu (15/9/2019).

Anies, berencana akan menggelar kegiatan menonton bareng lenong betawi secara rutin di Balai Kota DKI Jakarta sebagaimana yang sudah dilakukan pada Jumat lalu.

Pertunjukan lenong sendiri, sebelumnya diselenggarakan secara terbuka pada Jumat 13 September malam di Balai kota DKI Jakarta hasil kolaborasi antara Pemprov DKI, LSM Bang Japar, Bank DKI, dan BUMD Perumda Pembangunan Sarana Jaya.

"Dan kita berharap nantinya Kampung ini (Setu Babakan) bisa menjadi rujukan. Kalau ada peniliti datang dari dunia internasional, ingin tahu tentang Kampung Betawi, datang ke sini. Ingin melakukan penelitian, datang ke sini. Ingin menulis, datang ke sini," kata dia.

Tampil Gemilang di Lapangan, Pelatih Persija Jakarta Puji Rohit Chand Setinggi Langit

Trotoar di Tengah Jalan Kalimalang, Warga: Saya Kira Separator

Sebagai identitas Jakarta, Anies ingin agar kebudayaan Betawi bisa menjadi tuan rumah di rumah sendiri sekaligus tamu yang mempesona jika warga DKI merantau ke luar Jakarta.

Pasalnya, kata Anies saat ini masyarakat Betawi tak hanya ada di Jakarta saja. Melainkan juga banyak yang merantau ke kota-kota lain di Indonesia.

"Banyak yang sudah keluar. Yang keluar, mereka harus menjadi tamu memesona. Yang di Jakarta, mereka menjadi tuan rumah. Karena itu, saya berharap kita dorong sama-sama. Nanti kita ikut fasilitasi," bebernya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved