Pemprov Riau Tolak 65 Satgas Karhutla dari DKI, Anies Balas dengan Sindiran: Kami Kirim untuk BNPB

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger menyebut, pihaknya tidak membutuhkan bantuan personel pemadam dari Pemprov DKI.

Pemprov Riau Tolak 65 Satgas Karhutla dari DKI, Anies Balas dengan Sindiran: Kami Kirim untuk BNPB
ISTIMEWA/Puspen Mabes TNI
Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P meninjau lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Selasa (17/9/2019). Turut serta dalam peninjauan ini diantaranya Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Menteri LHK Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., Menpupera Basuki Hadimuljono, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D., Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si. dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas 65 petugas gabungan untuk membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau.

Satgas penanganan karhulta ini terdiri dari 25 orang petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, 10 orang dari Dinas Kesehatan, 10 orang dari Dinas Sosial petugas BPBD sebanyak lima orang, tin relawan Jakarta sebanyak 10 orang, dan tim pendukung sebanyak lima orang.

Gubernur Anies mengatakan, sebanyak 65 petugas ini nantinya akan bekerja membantu mengatasi karhutla selama 10 hari.

"Yang ini kami kirim untuk 10 hari, tapi tentu bisa diperpanjang, jadi kami bisa kirim tim berikutnya," ucapnya, Selasa (17/9/2019).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas satgas penanganan karhutla di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas satgas penanganan karhutla di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019). (TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci)

"Tapi tiap tim durasi penugasannya 10 hari, dengan begitu harapannya mereka bisa terjaga kesehatannya," tambahnya menjelaskan.

Nantinya, puluhan bantuan ini akan berada di bawa komando dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Mereka semua ada dalam koordinasi dengan BNPB. Jadi, kita mengikuti sekaligus menunggu kesiapan bandara," ujarnya di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Pengiriman bantuan ke Riau untuk menanggulangi karhutla ini, dikatakan Anies, merupakan bentuk kepedulian masyarakat Jakarta terhadap musibah kebakaran yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti di Sumatera dan Kalimantan.

"Mudah-mudahan asap bisa segera hilang, api segera padam, dan saudara-saudara kita di Sumatera dan Kalimantan bisa menghirup kembali udara segar," kata Anies

Alasan Pemprov Riau tolak bantuan personel dari Jakarta

Halaman
1234
Penulis: wahyu tribun jakarta
Editor: Muhammad Zulfikar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved