Ruko Tanpa Pintu Belakang Memicu Timbulnya Korban Jiwa Saat Terjadinya Kebakaran

Ketiadaan pintu belakang ruko diperburuk dengan pemasangan tralis pada jendela yang membuat jalur evakuasi sepenuhnya tertutup

Ruko Tanpa Pintu Belakang Memicu Timbulnya Korban Jiwa Saat Terjadinya Kebakaran
Tribunnews.com
Ilustrasi Kebakaran 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Belum semua pemilik rumah toko (Ruko) di DKI Jakarta memiliki pintu belakang sebagai akses penyelamatan jadi sebab timbulnya korban jiwa saat kebakaran terjadi.

Instruktur Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Pusdiklat Ciracas, Rukiman memperkirakan baru sekitar 60 persen ruko di DKI yang memiliki pintu belakang.

"Bangunan sudah tidak memiliki akses untuk pintu belakang, semua mengarah ke depan. Sehingga ketika terjadi kebakaran sering banyak korban," kata Rukiman di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (19/9/2019).

Ketiadaan pintu belakang ruko diperburuk dengan pemasangan tralis pada jendela yang membuat jalur evakuasi sepenuhnya tertutup.

Padahal pemadam kebakaran sekali pun butuh waktu bila harus menjebol tralis yang diperuntukkan agar ruko tak dibobol garong.

Motor Dicuri, Pengemudi Ojol Ini Tetap Antarkan Pesanan Makanan ke Pelanggan

Hasil Lengkap Liga Europa: Dua Wakil Inggris Sukses Raih Kemenangan

"Masyarakat atau pemilik ruko hanya mempertimbangkan dari faktor keamanan, dari pencurian. Tapi kebanyakan menghiraukan bahaya kebakaran," ujarnya.

Rukiman menuturkan pihaknya tak bisa memberi sanksi ke pemilik ruko yang lalai dan membahayakan nyawa karyawan karena ranah perizinan.

Dia hanya berharap pemilik ruko memikirkan nasib karyawan yang mereka pekerjakan saat kebakaran bila tak terdapat jalur evakuasi.

"Kalau memungkinkan harus ada pintu atau akses ke belakang. Tapi kalau terpaksa, ada bagian tertentu dia bisa meloloskan diri ketika terjadi kebakaran. Contoh, semua jendela tidak ditralis," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved