Sempat Berseteru, Pemprov DKI dan Warga Bidara Cina Gelar Pertemuan Bahas Sodetan Ciliwung

Merujuk hasil pertemuan, dia menyebut warga yang sempat menolak pelaksanaan proyek pemerintah pusat karena masalah uang ganti rugi kini sudah setuju.

Sempat Berseteru, Pemprov DKI dan Warga Bidara Cina Gelar Pertemuan Bahas Sodetan Ciliwung
TribunJakarta/Bima Putra
Bantaran Sungai Ciliwung yang terdampak normalisasi di Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (1/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Pemprov DKI Jakarta sudah menggelar pertemuan dengan warga Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara terkait berlanjutnya proyek Sodetan Sungai Ciliwung.

Lurah Bidara Cina Dadang Yudi mengatakan pertemuan sudah dilakukan sebelum informasi Pemprov DKI mencabut kasasi atas putusan PTUN terkait gugatan warga Bidara Cina.

"Sudah pertemuan di Balai Kota, sekitar satu bulan lalu. Waktu pertemuan pak Sekda DKI hadir, saya juga ikut mendampingi," kata Dadang saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Jumat (20/9/2019).

Merujuk hasil pertemuan, dia menyebut warga yang sempat menolak pelaksanaan proyek pemerintah pusat karena masalah uang ganti rugi kini sudah setuju.

Namun perlu pertemuan lagi guna membahas terkait pembangunan Sodetan Ciliwung yang bertujuan menyelesaikan masalah banjir Jakarta.

"Mudah-mudahan tidak ada penolakan lagi, karena dari pemerintah juga sudah mencabut kasasinya. Nanti mungkin ada pertemuan lagi," ujarnya.

Perihal berapa bidang lahan yang terdampak, Dadang mengaku belum menerima informasi dari Balai Besar Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC).

Menurutnya butuh waktu sebelum penetapan lokasi (penlok) bidang lahan yang terdampak proyek sodetan Ciliwung digodok.

"Untuk penloknya saya belum tahu, karena yang membuat kan BBWSCC. Tapi kita harapkan semuanya lancar, enggak ada penolakan lagi dari warga," tuturnya.

Sebelumnya, pada tahun 2015 warga Bidara Cina menggugat Pemprov DKI Jakarta dan BBWSCC di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan akhirnya menang.

Di tingkat banding, Pengadilan Tinggi kembali memenangkan gugatan yang diajukan warga sampai akhirnya Pemprov DKI dan BBWSCC mengajukan kasasi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Presiden Joko Widodo sepakat mencabut kasasi guna melanjutkan pembangunan Sodetan Ciliwung.

"Saya sudah bicara juga persoalan ini dengan Pak Presiden sejak tahun lalu, dan memang sepakat untuk tidak kami teruskan," kata Anies, Kamis (19/9/2019).

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved