Proyek Revitalisasi Kalimalang Dimulai, Berikut Fasilitas yang Bakal Hadir

Meski begitu, tahun 2019 ini Ridwan Kamil menjanjikan bakal ada sebagian proyek revitalisasi Kalimalang yang sudah dapat dinikmati warga.

Proyek Revitalisasi Kalimalang Dimulai, Berikut Fasilitas yang Bakal Hadir
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Konsep revitalisasi kawasan TIM, akan dibangun dengan desain yang ramah lingkungan, ramah disabilitas, serta dengan desain optimalisasi ruang publik. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Proyek penataan atau Revitalisasi Kalimalang telah resmi dimulai usai, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan peletakan batu pertama pada, Rabu (25/9/2019) kemarin.

Proyek ini ditargetkan benar-benar sempurna 2020 mendatang.

Meski begitu, tahun 2019 ini Ridwan Kamil menjanjikan bakal ada sebagian proyek Revitalisasi Kalimalang yang sudah dapat dinikmati warga.

Adapun tahap pertama pembangunan dilakukan di sisi sebelah utara Kalimalang di Jalan Mayor M. Hasibuan (samping Giant Mega Bekasi).

Sibarani Sofian selaku arsitek Urban+ yang mendesain penataan Kalimalang mengatakan, pada tahap pertama pembangunan, akan ada sejumlah fasilitas yang siap dibangun di sisi utara Kalimalang.

"Jadi Ini sebetulnya masih tahap sebagian dari yang keseluruhan, kami masih harus berkoordinasi dengan pihak Becakayu, karena Becakayu masih bekerja untuk daerah sisi selatan, jadi yang bisa kita lakukan sekarang hanya sisi utara," kata Sibarani kepada TribunJakarta.com, Kamis (26/9/2019).

"Itu kira-kira baru sebagian kecil sih dari total, jadi untuk yang ground breaking kemarin baru yang sisi utara dan yang akan dibangun disana adalah telaga, ada plaza, ada tiang bendera, nanti akan ada sebenernya tiangnya itu tiang untuk menunjukkan sejarah kerajaan dibekasi, yang pernah ada," ungkapnya.

Menurut dia, revitalisasi yang pekerjaan telah dimulai ini adalah zona 1 dari total empat zona yang akan dibangun. Zona 1 ini disebut zona selebrasi.

Sibarani menjelaskan, pada zona selebrasi nantinya akan lebib difokuskan pembangunan pada tahap kedua yakni tahun 2020 mendatang.

"Itu ada juga untuk komunitas keluarga ya, jadi ada juga taman bermain anak, kemudian juga ada kawasan untuk festivalnya, yaitu kita buatkan kaya alun-alunnyalah, jadi ruang untuk ngariung dan nanti akan ada air mancur, jadi itu desain air mancur yang zaman pak Rahmat Effendi dulu sudah canangkan itu akan tetap kita laksanakan, tapi itu semua nanti di sisi selatan," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved