Demo di Jakarta

Sekolah di Cengkareng Ini Akui Puluhan Siswanya Sempat Diamankan Saat Hendak Demo ke DPR

144 pelajar tersebut berasal dari 29 sekolah di Jakarta dan Tangerang, dimana yang terbanyak berasal dari SMK Cengkareng 2 Jakarta.

Penulis: Elga Hikari Putra | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Gedung SMK Cengkareng 2 Jakarta. 30 siswa dari sekolah ini sempat diamankan Polres Metro Jakarta Barat saat hendak demo di Gedung DPR pada Rabu (25/9/2019).   

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CENGKARENG - Polres Metro Jakarta Barat telah melepaskan 144 pelajar yang sempat diamankan saat hendak demo ke Gedung DPR pada Rabu (25/9/2019).

Mereka dilepaskan setelah dijemput oleh orangtuanya dan pihak sekolah.

144 pelajar tersebut berasal dari 29 sekolah di Jakarta dan Tangerang, dimana yang terbanyak berasal dari SMK Cengkareng 2 Jakarta.

Pihak SMK Cengkareng 2 Jakarta membenarkan bahwa memang ada 30 siswanya yang diamankan Polres Metro Jakarta Barat saat hendak demo di Gedung DPR.

"Memang benar ada siswa kami yang diamankan, namun diamankannya itu di Slipi saat mereka baru hendak ke DPR. Bukan diamankan karena terlibat kericuhan," ujar Guru Bimbingan Konseling SMK Cengkareng 2 Jakarta, Irawan saat ditemui di sekolah tersebut, Kamis (26/9/2019).

KPAI Prihatin Massa Pelajar yang Melakukan Kerusuhan di Jakarta, Perlu Perlindungan Khusus

Irawan menekankan hal tersebut lantaran sempat beredar informasi di media sosial yang menyebutkan daftar sekolah dan jumlah siswa yang diamankan Polres Metro Jakarta Barat karena terlibat aksi anarkisme saat terjadinya kericuhan.

Dalam pesan yang beredar tertulis ada 33 siswa SMK Cengkareng 2 Jakarta yang diamankan.

"Sekolah kami memang yang paling banyak diamankan, tapi jumlahnya itu 30 siswa bukan 33 seperti yang beredar di media sosial karena terlibat kericuhan," kata Irawan.

Irawan justru berterima kasih pada polisi lantaran mengamankan para siswanya sebelum mereka tiba di DPR dan bergabung para pelajar lainnya.

"Jadi siswa kami saat dihadang polisi di Slipi mereka tidak ada yang kabur, semuanya nurut," ujarnya.

Dikatakan Irawan, para siswanya sudah diperbolehkan pulang pada Rabu malam seusai orangtua mereka mendatangi Mapolres Metro Jakarta Barat.

"Dan siswa kami juga tidak ada yang membawa senjata tajam. Jadi langsung diperbolehkan pulang setelah dijemput orangtuanya," katanya.

Ia menjelaskan, 30 siswanya yang sempat diamankan berasal dari Kelas X dan XI.

Polres Metro Jakarta Barat Pulangkan 144 Pelajar yang Diamankan Saat Hendak Demo di DPR

Mereka diduga hendak ke Gedung DPR lantaran penasaran untuk mengikuti aksi unjuk rasa yang dilakukan para pelajar.

Terlebih, pekan ini siswa sedang menjalani Ujian Tengah Semester sehingga pulang lebih cepat.

Untuk mengantisipasi agar kejadian ini tak terulang, ia menyebut pihak sekolah akan bekerjasama dengan Sudin Pendidikan dan TNI Polri untuk memberikan pembinaan kepada siswa.

"Untuk pembinaan itu sudah kami agendakan. Tidak hanya kepada 30 siswa ini saja, tapi kepada siswa keseluruhan. Kalau untuk sanksi kami belum memutuskan apa yang akan diberikan," ujarnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved