Butuh Waktu Satu Minggu Rampungkan Proses Administrasi Sampai Kukuhkan 5 Pimpinan DPRD DKI

Setelah pimpinan DPRD DKI Jakarta sementara menerima salinan lima calon pengisi kursi tersebut, maka dokumen itu langsung diproses oleh Pemprov DKI.

Butuh Waktu Satu Minggu Rampungkan Proses Administrasi Sampai Kukuhkan 5 Pimpinan DPRD DKI
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Suasana pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta terpilih priode 2019-2024 di Gedung DPRD DKI Jakarta. Usai membacakan sumpah jabatan, sebanyak 105 anggota terpilih lainnya langsung menduduki kursi dewan, Senin (26/8/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBON SIRIH - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta sementara, Syarif menuturkan proses administrasi pengukuhan pimpinan DPRD DKI Jakarta definitif periode 2019-2024 membutuhkan waktu sepekan.

Setelah pimpinan DPRD DKI Jakarta sementara menerima salinan lima calon pengisi kursi tersebut, maka dokumen itu langsung diproses oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Teknisnya itu kami mengirim ke Gubernur DKI Jakarta, nanti gubernur melanjutkan kepada Kemendagri untuk mendapatkan SKEP (Surat Keputusan)," kata Syarif pada Sabtu (28/9/2019).

Menurut dia, bila SKEP itu dikeluarkan Kemendagri maka tidak lama lagi proses pengukuhan lima pimpinan DPRD yang terdiri dari satu Ketua dan empat Wakil Ketua akan digelar.

Sama seperti halnya pengukuhan mereka menjadi anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 pada Senin (26/9/2019) lalu, pengukuhan mereka akan dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta.

Terima Usulan PKS, Pembahasan Wagub DKI Dimasukan Dalam Tatib DPRD DKI Periode 2019-2024

"Pengambilan janji dan sumpah jabatan akan dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat," ujar Syarif.

Syarif mengatakan, kursi lima pimpinan DPRD DKI definitif harus segera terisi karena masih banyak pekerjaan rumah yang diemban mereka.

Misalnya membahas pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) seperti komisi, fraksi dan sebagainya.

Pimpinan DPRD DKI definitif juga memimpin rapat Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) dalam menentukan nilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

"Makanya kami berharap agar dua fraksi (PDI Perjuangan dan Demokrat) yang belum menyerahkan nama calon pengisi kursi pimpinan, untuk segera menyerahkan namanya ke kami agar diproses," jelasnya.

Fraksi Golkar DPRD DKI Minta PDIP dan Demokrat Segera Serahkan Nama Pimpinan Dewan

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved