Pascagempa Ambon, Muncul Lubang Sebesar Sumur, Begini Penjelasan BMKG

Sebuah fenomena alam yang dinilai aneh oleh masyarakat muncul di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah setelah gempa.

Pascagempa Ambon, Muncul Lubang Sebesar Sumur, Begini Penjelasan BMKG
foto dok Ibrahim via kompas.com
Sejumlah warga di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, melihat lubang-lubang sebesar sumur yang muncul di pantai desa mereka, Sabtu (28/9/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sebuah fenomena alam yang dinilai aneh oleh masyarakat muncul di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah setelah gempa berkekuatan 6,8 magnitudo yang mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya pada Kamis (26/9/2019).

Fenomena langka itu berupa munculnya sejumlah lubang sebesar sumur di perkampungan desa yang cukup parah terkena dampak gempa tersebut.

Menanggapi munculnya fenomena tersebut, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, Andi Azhar Rusdin menyebut bahwa fenomena tersebut mungkin terjadi saat gempa berkekuatan besar mengguncang sebuah daerah.

"Kalau saya lihat gambarnya itu seperti kaya habis semburan gitu ya. Itu istilahnya fenomena sand boil," kata Andi kepada Kompas.com, Sabtu (28/9/2019).

Dia menyebut fenomena sand boil atau semburan pasir terjadi karena saat gempa ada rekahan terbuka pada zona di bawah pijakan, ditambah tekanan air bawah tanah melalui pori-pori maka terjadi semburan.

Kisah dr Soeko yang Meninggal saat Kerusuhan Wamena, Alasannya Pilih Pedalaman Bikin Terharu

"Sand boil, itu semburan itu karena saat gempa ada rekahan ada zona-zona yang rekah di bawah kita, ini kan ada air tanah jadi ada rekahan yang terbuka terus ditambah tekanan dari bawah makanya air yang dibawa ini melewati pori-pori keluar bercampur material pasir," jelasnya.

Dia menyebut warga tidak perlu panik dan mengaitkan fenomena tersbeut dengan tsunami dan lainnya karena hal tersebut merupakan fenomena biasa yang terjadi akibat dampak sekunder dari sebuah gempa besar.

"Itu biasa terjadi saat gempa besar, itu fenomena yang biasa terjadi saat gempa besar, itu istilahnya dampak sekunder dampak ikutan saat gempa besar," tambahnya.

Cerita warga Lubang yang diceritakan banyak ditemui di perkampungan warga.

Selain di tengah-tengah perkampungan warga, beberapa lubang juga muncul di pesisir pantai desa tersebut.

Halaman
12
Editor: Suharno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved