Demo Tolak RUU KUHP dan KPK

Syarat Dialog Terbuka BEM se-Indonesia dengan Jokowi Dinilai untuk Jaga Marwah Perjuangan

Aksi unjuk rasa yang digelar oleh mahasiswa di berbagai kota di Indonesia menuntut pembatalan beberapa RUU kontroversial di respon oleh Istana.

Syarat Dialog Terbuka BEM se-Indonesia dengan Jokowi  Dinilai untuk Jaga Marwah Perjuangan
KOMPAS.com/Ihsanuddin
Presiden Joko Widodo mengundang puluhan tokoh ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (26/9/2019). Jokowi membahas sejumlah hal dengan para tokoh, salah satunya terkait aksi unjuk rasa mahasiswa menolak UU KPK hasil revisi. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Aksi unjuk rasa yang digelar oleh mahasiswa di berbagai kota di Indonesia menuntut pembatalan beberapa RUU kontroversial direspon oleh Istana.

Presiden Jokowi merespon dengan mengajak dialog dengan mahasiswa di Istana, namun ditolak oleh mahasiswa jika forum tersebut tertutup.

“Syarat yang diajukan mahasiswa untuk dialog terbuka yang bisa disaksikan masyarakat Indonesia itu tentu positif. Ini karena dialog terbuka akan menjaga marwah perjuangan gerakan mahasiswa dan terhindar dari tudingan di kooptasi dan kemudian masuk angin,” ujar analis politik dan Direktur Indostrategi Arif Nurul Imam dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/9/2019).

Menurut Arif, dialog terbuka lebih menjanjikan diskusi yang transparan mengenai persoalan yang dihadapi Jokowi mengenai apa saja yang mengganjal dalam upaya membatalkan RUU yang di tentang mahasiswa dan masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, dialog terbuka juga bisa disaksikan secara luas oleh publik sejauhmana komitmen Presiden dalam merespon tuntutan mahasiswa.

“Jika presiden memiliki niat baik, sesungguhnya syarat yang diminta mahasiswa ini memiliki makna positif dalam mendongkrak kepercayaan publik terhadap presiden yang belakangan di pertanyakan keberpihakannya pada rakyat kecil,” ujarnya.

Dikatakan Arif, dialog terbuka juga akan menaikkan kepercayaan publik terhadap presiden terkait komitmennya dalam pembelaan rakyat kecil dan pemberantasan korupsi.

Karena kita tahu, pascapolemik RUU kontroversial terutama UU KPK kepercayaan publik pada Jokowi anjlok.

“Dialog terbuka juga akan menjaga Marwah gerakan mahasiswa bahwa mereka benar-benar menjadi penyambung lidah rakyat di tengah mandulnya parlemen,” tandasnya.

Fokus dengan Tuntutan, BEM UIN Jakarta Tolak Datang ke Istana

Halaman
1234
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved