DPR Minta Pemerintah Investigasi Maskapai Sriwijaya Air

Politikus PDIP ini pun mendesak pemerintah untuk secepatnya melakukan audit investigasi terhadap maskapai Sriwijaya Air

DPR Minta Pemerintah Investigasi Maskapai Sriwijaya Air
Angkasa/dok. boeing
Sriwijaya Air 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto mendesak pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk meninjau kembali pemberian ijin terbang kepada maskapai Sriwijaya Air.

Hal tersebut disampaikan Darmadi setelah dirinya mendapat laporan dan masukan dari berbagai pihak terkait adanya dugaan persoalan diinternal Sriwijaya Air.

"Saya dapat laporan dan masukan dari masyarakat bahwa managemen Sriwijaya Air sedang tidak baik-baik saja saat ini terutama terkait maintenance. Tentu saja saya selaku wakil rakyat punya kewajiban untuk memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat pengguna transportasi udara. Untuk itulah saya mendesak pemerintah menyetop operasional Sriwijaya Air demi keselamatan masyarakat, jika memang ada dugaan masalah di maintenance," tegas Bendahara Megawati Institute itu dalam keterangannya, Senin (30/9/2019).

Berdasarkan laporan yang beredar, ungkap dia, ada sejumlah standar operasional prosedur (SOP) utamanya terkait maintenance pesawat yang ditetapkan pemerintah melalui peraturan menteri maupun undang-undang diduga tak dijalankan dengan baik oleh pihak maskapai Sriwijaya Air.

"Inikan bahaya kalau benar tidak mengikuti SOP. Jika terjadi kecelakaan misalnya, kan penumpang yang menanggung resikonya. Faktor keamanan dan keselamatan penumpang harusnya jadi prioritas bukan mikirin soal untung melulu itu maskapai mikirnya. Maintenance pesawat yang tidak benar jelas dapat berakibat fatal terhadap keamanan dan keselamatan para penumpang. Jadi bukan tanpa alasan saya mendesak pemerintah untuk menghentikan izin operasional mereka," tuturnya.

Menyikapi kondisi demikian, Politikus PDIP ini pun mendesak pemerintah untuk secepatnya melakukan audit investigasi terhadap maskapai Sriwijaya Air.

"Pemerintah mesti melakukan antisipasi sejak dini sebelum terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan (kecelakaan). Pemerintah mesti investigasi secara menyeluruh terkait management operasional Sriwijaya Air," kata Legislator dari Dapil DKI Jakarta III itu.

Penjelasan Sriwijaya Air

Manajemen Sriwijaya Air menegaskan, hingga saat ini seluruh kegiatan operasional perusahan berjalan normal.

Meski begitu, operasi penerbangan tetap diawasi secara ketat oleh Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Halaman
123
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved