Kecelakaan KRL Seruduk Mobil di Citayam, Jalur Rel Dilintasi Bergantian

"KRL mengalami masalah pagi ini jadi prepare untuk yang berangkat," kata seorang penumpang KRL bernama Buddy, Senin (30/9/2019).

Kecelakaan KRL Seruduk Mobil di Citayam, Jalur Rel Dilintasi Bergantian
TribunJakarta.com/Nawir Arsyad Akbar
Warga sedang menunggu kedatangan KRL commuter line di Stasiun Pondok Cina, Beji, Kota Depok, Senin (12/3/2018). 

TRIBUNJAKARTA. COM - Kecelakaan antara mobil dan KRL Commuterline Jabodetabek terjadi di Pondok Terong, Citayam.

Musibah ini terjadi pada pukul 00.58 WIB.

"KRL mengalami masalah pagi ini jadi prepare untuk yang berangkat," kata seorang penumpang KRL bernama Buddy, Senin (30/9/2019).

VP Corporate Communications Anne Purba mengatakan perjalanan KRL Commuter Line di lintas Bogor /Depok - Jakarta Kota /Jatinegara kembali normal usai adanya KRL yang tertabrak mobil di KM 36+500 antara Stasiun Depok - Stasiun Citayam pada pukul 00.58 WIB Senin dini hari (30/9).

Proses evakuasi mobil dan KRL dari lokasi kejadian seluruhnya selesai pada pukul 04.20 WIB.

Selama proses evakuasi, lanjut Anne perjalanan KRL diatur menggunakan satu jalur bergantian sehingga tetap dapat melayani pengguna.

BEM SI Bakal Berdemo 1 Oktober, Tapi Ada Ajakan Demo untuk 30 September

"Mulai pukul 05.13 WIB, perjalanan KRL dapat kembali melintas di lokasi dengan kecepatan normal menggunakan dua jalur rel yang tersedia."

"Meskipun demikian, pengguna KRL juga perlu mengantisipasi adanya antrean KRL dampak dari normalisasi jalur dan perjalanan KRL setelah proses evakuasi. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut, "ujar Anne. 

Ini Pesan Pamflet Bergambar Mawar dan Dua Tangan Menempel di Dinding Sekitaran gedung DPR MPR RI

PT KCI dan PT KAI Daop 1 Jakarta kata Anne mengajak masyarakat untuk senantiasa berhati-hati saat hendak melintasi perlintasan sebidang antara jalur rel kereta api dengan jalan.

Sesuai Undang-undang nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian, pengguna jalan wajib mendahulukan kereta yang akan melintas saat melewati perlintasan sebidang.

"PT KAI selama bulan Agustus hingga September ini juga telah menggelar berbagai kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai perlintasan sebidang agar masyarakat lebih memahami pentingnya menjaga keselamatan bersama di lokasi-lokasi tersebut," ujar Anne.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tribun dua orang tewas dan dua orang kritis akibat tabrakan KRL dengan mobil di perlintasan tanpa palang pintu kawasan Pondok Terong, Citayam.

Mobil yang diseruduk KRL sempat terseret beberapa meter dan menutup jalur kereta api Jakarta-Bogor. (Willy Widianto)

Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved