Pasokan Listrik di Kawasan Duri Kosambi-Kembangan Ditambah

PLN melakukan pemberian tegangan atau energize pada SUTET 500 kV ruas Duri Kosambi–Kembangan, Jakarta Barat.

Pasokan Listrik di Kawasan Duri Kosambi-Kembangan Ditambah
TRIBUNJAKARTA/ELGA HIKARI PUTRA
PLN melakukan pemberian tegangan atau energize pada SUTET 500 kV ruas Duri Kosambi–Kembangan, Jakarta Barat.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CENGKARENG - PLN melakukan pemberian tegangan atau energize pada SUTET 500 kV ruas Duri Kosambi–Kembangan, Jakarta Barat.

 General Manager PT PLN, Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) Ratnasari Sjamsuddin menjelaskan, proyek ini bertujuan untuk memperkuat sistem kelistrikan di Jakarta dan sekitarnya di tengah terbatasnya lahan.

 Diketahui, proyek ini dibangun di area Gardu Induk Duri Kosambi, Cengkareng yang berdekatan dengan permukiman padat penduduk.

 Adapun 8 dari total 16 titik tower menggunakan lahan existing SUTT 150 kV Durikosambi–Petukangan, dan pekerjaan ini melewati 7 ruas jalan tol Jakarta–Tangerang. 

 Dijelaskannya, proyek ini menggunakan tower bertipe Pyramac TSP 90+3 yang merupakan pertama dibangun di Indonesia. 

 “Ini merupakan upaya PLN untuk tetap berkomitmen meningkat keandalan walaupun ditengah keterbatasan lahan dan perizinan," kata Ratnasari saat acara syukuran proyek ini di Kembangan, Jakarta Barat, Rabu (2/10/2019).

 Selain itu, ia menyebut tower ini juga mempercepat pekerjaan erection.

 Ratnasari menjelaskan, ruas Duri Kosambi–Kembangan dengan panjang transmisi 7 kms dengan 16 tower merupakan bagian dari Jaringan Looping Jakarta yaitu Balaraja–Kembangan–Duri Kosambi-Muara Karang-Priok-Muara Tawar. 

 "Pembangunan ini dilaksanakan dengan memanfaatkan jalur transmisi 150 kV yang sudah ada dengan mengupgrade jalur tersebut. Dimana proyek ini merupakan proyek transmisi yang sangat penting untuk meningkatkan keandalan listrik di Pulau Jawa, khususnya DKI Jakarta," paparnya.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved