Mulai Hari Sabtu (5/10/2019), Kereta Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi dari Stasiun Manggarai

Namun walau menjadi bagian dari Stasiun Manggarai, pintu masuk menuju Stasiun KA Bandara dipisahkan dengan pintu masuk untuk KRL dan KA Jarak Jauh.

Mulai Hari Sabtu (5/10/2019), Kereta Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi dari Stasiun Manggarai
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Kereta Api kereta Bandara Soekarno-Hatta tiba di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta Pusat, saat tahap uji coba, Selasa (28/11/2017). Kereta Bandara Soekarno-Hatta akan mulai beroperasi pada Desember 2017. PT Railink, operator kereta bandara, akan memberikan diskon sebesar 70 persen sebagai harga perkenalan selama bulan pertama operasional. Mulai Januari 2018, tarif akan berubah menjadi Rp 100 ribu per penumpang. 

TRIBUNJAKARTA.COM, TEBET - Masyarakat yang menuju dan dari Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan kereta api bandara, bisa naik dan turun dari Stasiun KA Bandara di Manggarai, Jakarta Selatan, mulai hari Sabtu (5/10/2019).

Stasiun KA Bandara ini merupakan bagian dari Stasiun Manggarai yang sedang disiapkan menjadi stasiun sentral bagi seluruh perjalanan kereta api.

Mulai Beroperasi di Stasiun Bekasi, Kereta Bandara Terapkan Tarif Promo Rp 70 Ribu

Namun walau menjadi bagian dari Stasiun Manggarai, pintu masuk menuju Stasiun KA Bandara dipisahkan dengan pintu masuk untuk KRL dan KA Jarak Jauh.

Dengan demikian, para pengguna KA Bandara akan lebih nyaman dan leluasa.

Pintu masuk Stasiun KA Bandara terletak di sisi barat akses utama, di Jalan Saharjo I, samping jembatan kereta yang menuju ke arah Pasaraya Manggarai.

Menurut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restiawan, dipisahkannya pintu masuk bagi penumpang KA Bandara karena lintasan KA Bandara terletak di jalur 9 dan 10 yang terletak di jalur paling Barat.

Selain itu penumpang yang datang langsung ke Stasiun Manggarai tidak lewat pintu depan karena calon penumpang KA Bandara akan terkendala pergerakan kereta di 7 jalur KA yang sangat padat dan ramainya penumpang KRL transit di Stasiun.

"Apabila calon penumpang harus melalui akses utama, maka mereka harus melintasi jalur yang cukup banyak dan jauh serta melalui perlintasan rel yang tidak mendukung untuk membawa koper atau bawaan yang besar. Jadi kami membuatkan akses yang lebih dekat dan nyaman," kata Danto lewat keterangan yang diterima, Rabu (2/10/2019)

KA Bandara juga menjadi alternatif bagi penumpang commuterline yang hendak melanjutkan perjalanan dari stasiun Manggarai menuju Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Soekarno- hatta.

Penumpang dapat menuju keperon 9 dan 10 untuk tap out commuterline dan melanjutkan perjalanan menggunakan KA Bandara dengan melakukan pembelian tiket melalui Vending Machine dan POS.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Aji
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved