Breaking News:

TNI AU Sudah Evakuasi Lebih dari 4.000 Warga dari Wamena

Jumlah tersebut dipastikan bertambah karena proses evakuasi terus dilakukan, pun tak semua warga yang tinggal di Wamena meminta evakuasi

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Pengungsi Wamena asal Minang, Sumatera Barat saat tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Lebih dari 4.000 pengungsi telah dievakuasi dari Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang beberapa hari lalu sempat mengalami kerusuhan hingga menimbulkan korban jiwa.

Kadispen AU Marsekal Pertama Fajar Adriyanto mengatakan ribuan pengungsi asal berbagai daerah yang tinggal di Wamena diungsikan tak lama kerusuhan terjadi.

"Sudah lebih dari 4.000 orang yang kami evakuasi dari Wamena. Pada kejadian sosial di Wamena ini, TNI AU mengerahkan segala kemampuannya menolong masyarakat," kata Fajar di Jakarta Timur, Kamis (3/10/2019).

Jumlah tersebut dipastikan bertambah karena proses evakuasi terus dilakukan, pun tak semua warga yang tinggal di Wamena meminta evakuasi.

Fajar menuturkan kini di Papua ada tujuh pesawat TNI AU yang terdiri dari lima Hercules dan dua pesawat lainnya berjenis CN-295 dan CN-235.

Gerindra Pede Jika Pemilihan Ketua MPR Dilaksanakan dengan Mekanisme Voting

"Kita mengerahkan pesawat-pesawat Hercules dari Skuadron 32 Halim Perdanakusuma dan juga dari Skuadron 34 (Makasar), Skuadron 33 (Malang)," ujarnya.

Pengungsi teranyar yang dievakuasi yakni 51 warga Minang menggunakan pesawat Hercules C-130 dan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pukul 16.45 WIB tadi.

Satu warga Minang, Zulkifli menyebut mereka semoga menyelamatkan diri ke Kodim 1702/Jayawijaya selamanya satu minggu lalu dievakuasi ke Sentani.

"Satu hari kemudian kami berangkat lagi ke Biak, lalu ke Ambon. Berlanjut hingga sekarang tiba di Halim," tutur Zulkifli.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved