Ruko di Jakarta Timur Tak Miliki Pintu Belakang, Wakil Wali Kota: Pemilik Serakah

banyak pemilik ruko di Jakarta Timur yang belum menyediakan pintu belakang jadi akses darurat 

Ruko di Jakarta Timur Tak Miliki Pintu Belakang, Wakil Wali Kota: Pemilik Serakah
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Wakil Wali Kota Jakarta Timur Uus Kuswanto saat ditemui di Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (8/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Wakil Wali Kota Jakarta Timur Uus Kuswanto tak menampik masih banyaknya pemilik ruko yang mengabaikan masalah keselamatan dalam musibah kebakaran.

Pasalnya banyak pemilik ruko di Jakarta Timur yang belum menyediakan pintu belakang jadi akses darurat saat kebakaran sehingga berpotensi menimbulkan korban jiwa.

"Kita juga tidak bisa memungkiri, karena keserakahan, keangkuhan. Untuk menjaga keamanan, sudah jelas ruko yang tertutup tapi dibikin pagar lagi, dipasang tralis lagi," kata Uus di Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (8/10/2019).

Dalam mengurus izin mendirikan ruko lewat pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), pemilik ruko sebenarnya diharuskan menyediakan pintu belakang.

Namun pemilik ruko justru mangkir dari kewajibannya demi memastikan barang dagangannya aman dari pelaku tindak kejahatan.

"Ada pemilik ruko yang tidak memenuhi kewajibannya. Yang sering terjadi seperti itu, sudah tahu aturan. Tapi mereka langgar, perlu ada ketegasan," ujarnya.

Dia mencontohkan tewasnya tiga pegawai toko plastik dan makanan di Kecamatan Cipayung Jumat (9/8/2019) karena toko tak memiliki pintu belakang.

Menurutnya faktor kelalaian manusia jadi penyumbang terbanyak dalam musibah kebakaran yang dapat merenggut korban jiwa.

"Saya yakin PTSP sudah memberi tahu kalau harus ada pintu dan jendela, pasti ada. Cuman kadang pelanggaran itu kembali, rata-rata kebakaran terjadi berawal dari human error," tuturnya. 

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved