Wakil Bupati Ungkap Minat Literasi dan Mendongeng di Kabupaten Tangerang Rendah

Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli mengatakan zaman modernisasi ini melahirkan generasi dengan dunia gadget.

Wakil Bupati Ungkap Minat Literasi dan Mendongeng di Kabupaten Tangerang Rendah
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli saat membuka final lomba mendongeng di bioskop perpustakaan Kabupaten Tangerang, Selasa (8/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TIGARAKSA - Budaya mendongeng yang menjadi rujukan para orang tua zamah dahulu mulai memudar dan terkikis oleh zaman digitalisasi.

Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli mengatakan zaman modernisasi ini melahirkan generasi dengan dunia gadget yang menjadi keseharian anak-anak pada generasi Y, X dan Z.

"Saat ini anak-anak lebih giat dan rajin dengan gadgetnya masing-masing sehingga melahirkan generasi yang individual dan kurang ramah dalam lingkungan sosial," ujar Mad Romli saat membuka final lomba mendongeng di bioskop perpustakaan Kabupaten Tangerang, Selasa (8/10/2019).

Orang nomor dua di Kabupaten Tangerang ini mengatakan, mendongeng harus dikemas dalam sebuah karya yang lebih formal dan bisa dinikmati para generasi milenial. 

Menurutnya, mendongeng tanpa dibarengi dengan literasi zaman kini melahirkan cerita yang kurang cocok.

Ia pun berharap dari diselenggarakannya lomba mendongeng tersebut dapat menumbuhkan budaya dongeng di Kabupaten Tangerang.

"Harapannya semangat dan upaya meningkatkan minat membaca bagi masyarakat dapat dirasakan secara nyata di lomba bercerita Rakyat Tangerang ini," harap Mad Romli.

Sebab, lanjutnya, zaman digitalisasi juga berdampak positif, belajar bukan hanya dari buku, tapi dari bentuk dan metoda yang lain dengan memanfaatkan gadget sebagai alat belajar. 

Sehingga perkembangan siswa siswi atau generasi milenial ini mampu mengaktualisasikan diri dalam berdongeng tanpa kekurangan literasi.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved