Warga 4 Kelurahan di Jakarta Timur Kebanjiran Rabu (9/10) Dini Hari

Di Jakarta Timur, setidaknya ada empat Kelurahan dari dua Kecamatan yang pada dini hari hingga pagi tadi terdampak banjir luapan Sungai Ciliwung.

Warga 4 Kelurahan di Jakarta Timur Kebanjiran Rabu (9/10) Dini Hari
KOMPAS.COM/STANLY RAVEL
ILUSTRASI Sejumlah kendaraan terendam banjir di Bidara Cina, Jakarta Timur, Selasa (6/2/2018) Kompas.com/Stanly Ravel 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota dan sekitarnya pada Selasa (8/10/2019) malam membuat warga yang bermukim di bantaran Sungai Ciliwung terendam banjir.

Di Jakarta Timur, setidaknya ada empat Kelurahan dari dua Kecamatan yang pada dini hari hingga pagi tadi terdampak banjir luapan Sungai Ciliwung.

Suratih (52), warga RT 05/RW 05 Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati mengatakan rumahnya sempat terendam banjir dengan ketinggian sekira 50 sentimeter.

"Semalam banjirnya sekitar 50 sentimeter, baru mulai surut sekira pukul 03.00 WIB. Sebelum air masuk rumah kita sudah menyelamatkan barang," kata Suratih di Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (9/10/2019).

Masih di wilayah Kecamatan Kramat Jati, Ketua RW 07 Kelurahan Cililitan Noer Ali mengatakan warganya di RT 06 dan RT 07 juga kebanjiran.

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Lakukan Pemetaan Daerah Rawan

Luapan debit air Sungai Ciliwung mulai menjamah permukiman warganya sekira pukul 03.00 WIB dan baru surut sekira pukul 05.00 WIB.

"Ketinggian air sekitar satu meter. Tapi Alhamdulillah warga enggak sampai mengungsi, jadi tadi enggak ada masalah pas banjir," ujar Noer.

Di Kecamatan Jatinegara, Lurah Bidara Cina Dadang Yudi menuturkan sejumlah warganya terendam banjir dengan ketinggian berkisar 40 sentimeter.

"Ketinggian antara 10 sampai 40 sentimeter. Tadi enggak ada warga yang mengungsi karena ketinggian air belum mengkhawatirkan," tutur Dadang.

Masih di Kecamatan Jatinegara, puluhan rumah warga RT 05/RW 05 Kebon Pala Tanah Rendah, Kelurahan Kampung Melayu kebanjiran dengan ketinggian berkisar 30 sentimeter.

Amih (35), warga setempat mengatakan butuh waktu cukup lama bagi warga untuk membersihkan lumpur karena banjir baru surut sekira pukul 09.00 WIB.

"Biasa, kalau cuman seperti ini enggak ada apa-apanya. Repotnya ya cuman pas bersih-bersih lumpur, lumpurnya lumayan tinggi, hampir setinggi air," kata Amih.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved