BPBD DKI Ungkap Daftar 86 RW di Jakarta Rawan Banjir

Ridwan mengatakan, daerah itu menjadi rawan lantaran dilewati oleh sejumlah aliran sungai, seperti Ciliwung, Cideng, Sunter, Kali Pesanggrahan.

BPBD DKI Ungkap Daftar 86 RW di Jakarta Rawan Banjir
TribunJakarta/Bima Putra
Warga saat membersihkan timbunan lumpur sisa banjir di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (9/10/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut, sebanyak 86 RW yang tersebar di 25 kelurahan dan 17 kecamatan di Jakarta rawan banjir.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (Pusdatin) BPBD DKI Jakarta M Ridwan, mengatakan daerah rawan banjir itu berada di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan.

Petugas Pemadaman Kebakaran Mulai Lakukan Monitoring Titik Rawan Banjir di Pejaten Timur

"Dari data historis banjir tahun 2013 sampai 2016, daerah tersebut tiga kali berturut-turut kalau hujan dengan intensitas tinggi terjadi banjir," ucapnya, Kamis (10/10/2019).

Ridwan mengatakan, daerah itu menjadi rawan lantaran dilewati oleh sejumlah aliran sungai, seperti Ciliwung, Cideng, Sunter, Kali Pesanggrahan, dan Kali Angke.

"Kalau utara itu banjir rob karena ada air pasang dari laut," ujarnya saat dikonfirmasi.

Adapun 17 kecamatan rawan banjir tersebut terdiri dari Cengkareng, Kalideres, Kebon Jeruk, Kembangan, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, dan Pancoran.

Kemudian, Kecamatan Pesanggrahan, Cilandak, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, Jatinegara, Makasar, Kramat Jati, Ciracas, Pademangan, dan Penjaringan.

Ia menambahkan, penyebab banjir di Jakarta sendiri ada tiga, yaitu banjir kiriman, faktor alam, dan kombinasi antar keduanya.

"Pertama, bisa saja di Jakarta itu terang, tapi ada aliran air yang datang dari hulu. Kedua, Jakarta dilanda hujan," kata Ridwan.

Halaman
1234
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved