Breaking News:

Operasi Berjalan Lancar, Burung Cikalang Christmas Akan Dilepas ke Alam Sabtu Mendatang

Saat ini burung tersebut sudah diserahkan ke BKSDA Jakarta di Pulau Rambut sebelum dilepaskan ke alam pada Sabtu (12/10/2019) mendatang.

Dok Foto Taman Burung TMII
Suasana serah terima Burung Cikalang Christmas dengan BKSDA Jakarta di Pulau Rambut 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMAN MINI - Usai menjalani perawatan di Taman Burung, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Burung Cikalang Christmas siap dilepas liar ke alam.

Kepala Unit Taman Burung, drh Muhammad Pitter Kombo (32) mengatakan pada Kamis (19/9/2019) lalu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta menemukan burung tersebut dengan kondisi terdapat benang didalam mulutnya.

Kemudian segera menghubungi pihaknya dan segera dilakukan evakuasi.

"Langsung dibawa ke klinik Taman Burung TMII. Setelah kita periksa dan rontgen kemudian didiagnosa, ternyata masih terdapat kail pancing didalam lambungnya. Sehingga kita putuskan untuk dilakukan operasi esok harinya," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (10/10/2019).

Selama Rehabilitasi, Nunung Mengaku Punya Banyak Waktu Dekatkan Diri kepada Sang Pencipta

Pascaoperasi, kondisi burung tersebut semakin membaik. Sehingga baik pihak Taman Burung TMII maupun BKSDA Jakarta bersama peneliti burung laut memutuskan untuk melepas burung tersebut ke alam.

"Awal mulanya kan burung ini liar. Kita putuskan untuk dilepaskan lagi ke alam. Kita juga melihat jenis Burung Cikalang Christmas ini juga termasuk jenis dilindungi, bahkan keberadaannya sangat kritis di dunia. Serta populasi totalnya di suaka margasatwa Pulau Rambut terdapat 10% dari jumlahnya di dunia," sambungnya.

Saat ini burung tersebut sudah diserahkan ke BKSDA Jakarta di Pulau Rambut sebelum dilepaskan ke alam pada Sabtu (12/10/2019) mendatang.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved