Frustasi Tak Diperhatikan, Pencari Suaka Ancam Bunuh Diri Massal di Depan Kantor UNHCR

Di penampungan mereka pun hanya bisa mengemper sembari berbincang mengenai nasib mereka yang tak kunjung dikirim ke negara ketiga.

Frustasi Tak Diperhatikan, Pencari Suaka Ancam Bunuh Diri Massal di Depan Kantor UNHCR
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Wahid Ali (kedua kiri) pencari asal suaka asal Afghanistan yang mengancam akan bunuh diri di depan Kantor UNHCR bila tak kunjung diperhatikan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KALIDERES - Para pencari suaka asal Afghanistan yang berada di gedung penampungan Jalan Bedugul, Kalideres, Jakarta Barat mengaku frustasi beberapa tahun harus hidup tanpa kejelasan status.

Di penampungan mereka pun hanya bisa mengemper sembari berbincang mengenai nasib mereka yang tak kunjung dikirim ke negara ketiga.

Bahkan, menurut salah satu pencari suaka, Wahid Ali (28), mereka mengancam akan bunuh diri massal di depan kantor UNHCR, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Hal tersebut apabila sampai esok hari UNHCR selaku otoritas yang menangani pengungsi tak kunjung mendatangi gedung penampungan Kalideres.

Pasalnya, kata Wahid, salah satu janji yang didapat saat mereka menggeruduk kantor UNHCR pada kemarin yakni UNHCR berjanji akan menghidupkan kembali listrik dan air di penampungan serta memberikan makan kepada pencari suaka.

Namun hingga Pukul 14.45 WIB, belum ada juga perwakilan UNHCR yang datang ke penampungan.

"Ini janjinya mereka mau kesini hari ini, mau hidupkan lagi listrik, air dan kasih kami makan," kata Wahid, Jumat (11/10/2019).

Jokowi dan Prabowo Dijadwalkan Bertemu Sore Ini

Korban Demo di Gedung DPR Alamsyah Akbar Wafat, Sang Ibu Histeris, Keluarga Ungkap Status Tersangka

"Tapi kalau ternyata sampai besok UNHCR tidak datang, maka hari Senin kami akan kembali ke kantor mereka dan saya adalah orang yang nomor satu untuk bunuh diri disana," tegas Wahid yang sudah delapan tahun berada di Indonesia.

Dikatakan Wahid, pencari suaka memang sudah bosan dengan sikap UNHCR yang disebutnya kerap ingkar janji dan tak memperlakukan mereka secara manusiawi.

Halaman
12
Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved