21 Perusahaan Pertambangan dan Mineral Adu Kebolehan Pencegahan Bencana Sektor Penerbangan

Mereka akan berlomba dalam kejuaraan Indonesian Fire and Rescue Competition (IFRC) yang ke-6.

21 Perusahaan Pertambangan dan Mineral Adu Kebolehan Pencegahan Bencana Sektor Penerbangan
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Pembukaan pelaksanaan Indonesian Fire and Rescue Competition (IFRC) yang ke-6 di kampus Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu (12/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, CURUG - 21 perusahaan pertambangan dan mineral di Indonesia akan adu kebolehan dan ketangkasan dalam menanggulangi bencana dan kecelakaan dari sisi penerbangan.

Mereka akan berlomba dalam kejuaraan Indonesian Fire and Rescue Competition (IFRC) yang ke-6 di kampus Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Kabupaten Tangerang.

Kejuaraan tingkat nasional terebut akan berlangsung dari tanggal 13 Oktober sampai 20 Oktober 2019.

Ketua STPI Curug, Capt. Novyanto Widadi mengatakan, akan ada delapan jenis perlombaan yang akan ditempuh 21 perusahaan mineral dan pertambangan.

Namun, tahun ini perserta akan ditantang dengan jenis perlombaan baru yakni penanganan dan penanggulangan bencana dari sisi penerbangan.

"Hal yang baru adalah pertandingan di bidang aviasi (penerbangan). Dimana para rescuer berhadapan dengan kecelakaan pesawat, nah ini hal baru bagi mereka," ucap Novyanto di Kabupaten Tangerang, Sabtu (12/10/2019).

Delapan jenis perlombaan yang dipertandingkan pada IFRC 2019 adalah water rescue, high angle rescue, structural fire fighting, road accident rescue, collapse structure search and rescue, firefighter combat challenge, fire fighter competency test.

"Yang berbeda dari IFRC sebelumnya, tahun ini ditambahkan perlombaan Aircraft Rescue and Fire Fighting (ARFF), karena STPI memiliki sarana untuk jenis perlombaan ARFF," sambung Novyanto.

Menurutnya, tahun 2019 merupakan ajang IFRC pertama yang diadakan di ruang lingkup kampus karena dianggap memiliki sarana dan prasanana yang mumpuni untuk perlombaan.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved