LRT Jabodebek Rute Cibubur-Cawang Diujicoba Mulai 18 Oktober

Kementerian Perhubungan menjadwalkan uji coba proyek LRT Jabodebek dimiliki pada tanggal 18 Oktober 2019 mendatang dengan rute Cibubur-Cawang.

LRT Jabodebek Rute Cibubur-Cawang Diujicoba Mulai 18 Oktober
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Menhub Budi Karya Sumadi saat meresmikan Stasiun Metland Telaga Murni Cibitung Bekasi, Selasa (13/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIMANGGIS - Kementerian Perhubungan menjadwalkan uji coba proyek LRT Jabodebek dimiliki pada tanggal 18 Oktober 2019 mendatang dengan rute Cibubur-Cawang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan uji coba dilakukan bertahap karena ada 31 trainset (rangkaian kereta) yang datang secara bertahap.

"Ini yang tahap pertama satu bulan dulu, bertahap lah kan ada 31 train set yang akan datang. Tanggal 18 (Oktober) sampai 18 November ini tahap pertama," kata Budi di Cimanggis, Depok, Minggu (13/10/2019).

Selain masalah teknis, sarana dan prasarana juga jadi perhatian Kementerian Perhubungan selama uji coba berlangsung.

Secara keseluruhan, Budi menuturkan uji coba masing-masing rute LRT Jabodebek ditarget rampung satu tahun dan dioperasikan pada November 2021.

"Bertahap (uji coba), kita akan detail. Pengalaman kita di Palembang itu uji coba setahun, waktu itu lebih awal operasinya. Nanti sebulan sekali akan ada pengiriman keretanya," ujarnya.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Kemaritimiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pengoperasian LRT nanti bakal jadi kabar baik.

Meski pemerintah belum memastikan berapa harga yang harus dibayar masyarakat nantinya, ongkos perjalanan diakibatkan lebih murah.

"kita berharap 2021 semua sudah selesai. Sementara itu sudah dirancang, pak Budi juga mengonfirmasikan bahwa dari sini sampai ke Bogor nanti cost-nya akan lebih murah," tutur Luhut.

Halaman
123
Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved