Cegah Aksi Radikal, Masyarakat Diminta Kawal dan Sukseskan Pelantikan Presiden

Ketua DPC ISKA Jakarta Timur itu juga meminta aparat TNI-Polri bertugas maksimal agar pelantikan nanti berjalan sukses.

Cegah Aksi Radikal, Masyarakat Diminta Kawal dan Sukseskan Pelantikan Presiden
Kompas.com/Garry Lotulung
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan Maruf Amin, menyampaikan visi misi di debat pertama Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Seluruh elemen masyarakat diajak untuk mengawal jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2019 mendatang.

"Pelantikan Presiden dan Wakil terpilih Jokowi-Amin adalah sesuai konstitusional hasil Pilpres 2019, kami relawan tetap kawal jalannya pelantikan," kata Relawan Duta Joko Widodo Indonesia, Billy JB Dosiwoda kepada wartawan, Rabu (16/10/2019).

Elemen masyarakat juga diminta agar tak menggelar aksi demonstrasi, jelang dan saat pelantikan nanti. Hal itu untuk mencegah adanya penunggang gelap atau perusuh dalam aksi tersebut.

"Menolak dan mengimbau jangan ada aksi-aksi demo yang ditunggangi kelompok-kelompok tertentu yang cenderung melakukan aksi radikal dan anarkis untuk menggagalkan pelantikan presiden terpilih," sambungnya.

Ketua DPC ISKA Jakarta Timur itu juga meminta aparat TNI-Polri bertugas maksimal agar pelantikan nanti berjalan sukses.

"Dan terpenting bekerja sesuai koridor HAM saat menjalankan tugasnya pencegahan dan persuasif dalam pengamanan dan menjaga kondusifitas jalannya pelantikan 20 Oktober 2019 mendatang," katanya.

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024 akan digelar di gedung MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019) pukul 14.30 WIB.

Setelah tiba di Istana Merdeka, Jokowi rencananya akan menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya sebagai Presiden.

Polri dan TNI menurunkan sekitar 27 ribu personel demi mengamankan sejumlah lokasi vital.

Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved