Lapor Kebakaran di Jakarta Timur Bisa Lewat Video Call WhatsApp, Catat Nomornya

Lazimnya fasilitas yang disediakan WhatsApp, Zakaria menyebut warga dapat menggunakan fitur share location untuk memandu petugas.

Lapor Kebakaran di Jakarta Timur Bisa Lewat Video Call WhatsApp, Catat Nomornya
ISTIMEWA
Jajaran Sudin PKP Jakarta Timur saat berfoto bersama di markas pusat mereka di Matraman 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Warga Jakarta Timur yang hendak melaporkan kebakaran dan meminta bantuan penyelamatan kini tak harus menghubungi nomor telepon kantor, tapi bisa lewat Whatsapp.

Pasalnya Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur sekarang sudah memiliki nomor Whatsapp yakni 0822 9797 0113.

Kasudin PKP Jakarta Timur Muchtar Zakaria mengatakan nomor Whatsapp tersebut siaga 24 jam dan siap melayani masyarakat yang butuh bantuan.

"Harapannya hal ini bisa memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aduannya melalui komunikasi berbasis data, suara dan video," kata Zakaria di Matraman, Jakarta Timur, Selasa (15/10/2019).

Tak sekedar chat atau panggilan audio, peluncuran nomor Whatsapp membuat warga dapat melakukan video call dari lokasi kejadian.

Lewat video call, Zakaria menuturkan petugas bisa mengetahui kondisi kebakaran dan membuat pertimbangan dalam penanganan.

"Sehingga petugas bisa menentukan berapa unit mobil yg akan dikerahkan ke lokasi. Laporan bantuan penyelamatan juga petugas bisa mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan," ujarnya.

Lazimnya fasilitas yang disediakan Whatsapp, Zakaria menyebut warga dapat menggunakan fitur share location untuk memandu petugas.

Waktu tempuh petugas dari pos atau kantor sektor pun jadi lebih cepat karena warga bisa mengarahkan rute yang ideal bagi pemadam.

"Bisa langsung share lokasi kejadian supaya kita memilih jalan terdekat menuju lokasi dengan cepat. Jadi penanganan lebih cepat," tuturnya.

Selain meluncurkan nomor WhatsApp, Sudin PKP Jakarta Timur kini sedang membangun pos pemadam di Kelurahan Kramat Jati guna meningkatkan pelayanan.

Meski sudah memiliki nomor WhatsApp, laporan kebakaran dan penyelamatan warga ke nomor 112 dan 021 8590 4904 tetap ditindaklanjuti.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved