Dishub DKI Sebut Bus Zhong Tong yang Beroperasi Lulus Uji Tipe Kemenhub

"Uji tipe itu tentu dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Nah, artinya sudah memenuhi persyaratan dari aspek teknis," ujarnya

Dishub DKI Sebut Bus Zhong Tong yang Beroperasi Lulus Uji Tipe Kemenhub
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Bus Transjakarta jenis articulated dengan merek Zhong Tong melintas di sekitar kawasan Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (17/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR- Pemprov DKI Jakarta memastikan, seluruh bus Transjakarta yang beroperasi telah memenuhi ketentuan administrasi dan teknis.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo terkait pengoperasian kembali bus Transjakarta merek Zhong Tong.

"Setiap kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan itu wajib memenuhi ketentuan administrasi dan teknis sesuai yang ditetapkan dalam Undang-undang 22/2009 tentang LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan)," ucapnya, Kamis (17/10/2019).

Syafrin pun menyebut, bus asal pabrikan Tiongkok ini telah mengatongi uji tipe yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan, sehingga tidak ada alasan untuk menghalangi kendaraan itu mengaspal kembali.

"Uji tipe itu tentu dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Nah, artinya sudah memenuhi persyaratan dari aspek teknis," ujarnya saat dikonfirmasi.

"Kemudian, tentu sudah ada surat tanda nomor kendaraannya. Administrasinya dipenuhi makanya bisa beroperasi," tambahnya menjelaskan.

Meski telah mengantongi izin, Syafrin menyebut, itu tidak menutup kemungkinan pihaknya memberikan sanksi kepada operator bila tidak memenuhi Standar Pelayanan Minumum (SPM) yang telah ditentukan.

Bahkan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta tak akan segan mengandangkan bus tersebut bila tidak layak jalan.

"Perlakuannya sama (dengan angkutan lainnya), semuanya harus memenuhi persyaratan teknis dan administrasi," kata Syafrin.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved