Transjakarta Kembali Operasikan Bus Zhong Tong, Anies: Itu Tanggungjawab Pengelola

"Coba tanya ke Pak Dirut (Transjakarta) ya. Karena kalau Pemprov DKI Jakarta sudah tidak lagi membeli bus, jadi Pemprov DKI itu membeli jasa," ucapnya

Transjakarta Kembali Operasikan Bus Zhong Tong, Anies: Itu Tanggungjawab Pengelola
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditemui di GOR Soemantri Brodjonegoro, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, SETIABUDI - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal kembali beroperasinya bus Transjakarta merek Zhong Tong.

Ia mengatakan, Pemprov DKI sendiri saat ini tidak lagi membeli armada-armada bus.

"Coba tanya ke Pak Dirut (Transjakarta) ya. Karena kalau Pemprov DKI Jakarta sudah tidak lagi membeli bus, jadi Pemprov DKI itu membeli jasa," ucapnya, Kamis (17/10/2019).

Dalam pengadaan bus, Anies Baswedan menjelaskan, Transjakarta menjalin kerjasama dengan pihak ketiga, yaitu operator bus.

Untuk kasus bus merek Zhong Tong ini sendiri, Transjakarta menjalan kesepakatan dengan Perum Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD).

"Jasanya dibayar, kemudian Pemprov DKI Jakarta menentukan Standar Pelayanan Minimun (SPM)," ujarnya di GOR Soemantri Brodjonegoro, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Jadi selebihnya tanggungjawabnya dengan pengelola," tambahnya menjelaskan.

Terkait keamanan bus dengan merek yang sama seperti yang terbakar pada 8 Maret 2015 lalu, Anies enggan berspekulasi.

Menurutnya, detail mengenai standar keamanan operasional bus asal Tiongkok itu telah diatur dalam perjanjian yang disepakati oleh Transjakarta dan operator atau dalam hal ini Perum PPD.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved