2.300 Personel Dikerahkan Jaga Momen Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di Wilayah Jakarta Utara

Teknis pengamanan sudah ditentukan berdasarkan tiga eskalasi, yakni eskalasi hijau, eskalasi kuning, dan eskalasi merah

2.300 Personel Dikerahkan Jaga Momen Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di Wilayah Jakarta Utara
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Unsur tiga pilar yang terdiri dari TNI-Polri serta Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar apel gabungan di Jalan Benyamin Sueb, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (18/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Unsur tiga pilar yang terdiri dari TNI-Polri serta Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar apel gabungan di Jalan Benyamin Sueb, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (18/10/2019).

Apel gabungan ini digelar terkait pengamanan Jakarta Utara jelang momen pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada Minggu (20/10/2019).

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto menuturkan semua personil sudah siap ditempatkan di titik yang sudah ditentukan.

Total ada sebanyak 2.300 personel gabungan yang dikerahkan dalam pengamanan Minggu nanti.

"Total personil gabungan Polri, TNI, Pemda juga baik itu Dishub, Satpol PP maupun dari Ormas FBR, PP, Pokdar Kamtibmas dan Satpam. Semua sudah didata kemarin ada 2.300 personil yang sudah disebar di seluruh wilayah Jakarta Utara," ujar Budhi di lokasi apel.

Ruas Jalan Sekitar Gedung DPR Ditutup Hingga Pelantikan Presiden, Ini Pengalihan Rute Transjakarta

Teknis pengamanan sudah ditentukan berdasarkan tiga eskalasi, yakni eskalasi hijau, eskalasi kuning, dan eskalasi merah.

Budhi mengungkapkan, eskalasi hijau artinya pengamanan seperti yang dilakukan selama ini.

"Kemudian kalau itu ada peningkatan eskalasi ke kuning bisa menjadi kerawanan karena ekses dari wilayah lain. Tentunya kita naikan statusnya jadi ke kuning, saat itu kita akan menyekat titik tertentu yang sudah kita sepakati. Baik itu perbatasan dengan wilayah Jakarta Pusat, maupun Jakarta Barat, Timur itu sudah dilakukan antisipasi penyekatan," jelasnya.

Adapun eskalasi merah yakni pengamanan di objek vital.

"Jadi untuk pusat perbelanjaan, kemudian objek vital, tempat hiburan yang ada di Jakarta Utara itu sudah kita setting semua. Jadi pada saat eskalasi hijau pun sudah ditempatkan anggota pengamanan gabungan TNI-Polri dan pemerintah dan bahkan sekuriti objek tersebut juga," tandas Budhi.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved