Cara-cara Pekerja Belah Kapal Jaga Keselamatan Kerja

Selain mengenakan alat keselamatan, mereka juga selalu mengamati sisa-sisa bahan bakar di badan kapal tua yang siap dipotong.

Cara-cara Pekerja Belah Kapal Jaga Keselamatan Kerja
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Pekerja memotong besi kapal dengan mesin las di Gang Belah Kapal, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (18/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Para pekerja pemotongan kapal tua di Gang Belah Kapal, Cilincing, Jakarta Utara, selalu memerhatikan keselamatan mereka saat bekerja.

Selain mengenakan alat keselamatan, mereka juga selalu mengamati sisa-sisa bahan bakar di badan kapal tua yang siap dipotong.

Arwah (40), salah satu pekerja mengatakan bahwa alat keselamatan sudah disiapkan perusahaan yang mempekerjakan mereka.

Selain sarung tangan, pekerja juga dibekali kacamata. Kedua alat keselamatan sederhana ini ampuh untuk menahan percikan api dari mesin las yang dipakai untuk memotong besi kapal.

"Ya kita pakai sarung tangan sama kacamata, dari perusahaannya juga sudah disediakan. Selama ini aman-aman aja kok," kata Arwah saat ditemui TribunJakarta.com, Jumat (18/10/2019) sore.

Sebelum memotong besi kapal, jelas Arwah, biasanya ada pekerja lain yang ditugaskan untuk membersihkan sisa-sisa bahan bakar dari badan kapal.

Tujuannya agar percikan api dari proses pemotongan dengan mesin las tidak merembet ke besi yang masih dipenuhi sisa-sisa bahan bakar. Alhasil, kebakaran tidak terjadi.

Hal itu juga dibenarkan Umar (33), pekerja lainnya. Namun, Umar biasanya punya cara tersendiri untuk menghilangkan sisa-sisa bahan bakar dari besi kapal.

Umar akan membawa selang untuk menyemprotkan air ke besi kapal penuh bahan bakar di sela-sela pemotongan.

Halaman
12
Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved