Pelantikan Jokowi & Maruf Amin

Hormati Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Unjuk Rasa Disebut Rawan Disusupi Perusuh

potensi hadirnya penyusup dalam demonstrasi untuk mengganggu khidmatnya puncak dari pesta demokrasi itu masih cukup menjadi ancaman.

Hormati Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Unjuk Rasa Disebut Rawan Disusupi Perusuh
ISTIMEWA/Dokumentasi Setneg
Foto resmi Jokowi-Ma'ruf Foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Maruf Amin. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Christina Aryani mengajak masyarakat untuk turut serta menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 Jokowi-Ma'ruf, Minggu (20/10/2019).

Menurutnya, potensi hadirnya penyusup dalam demonstrasi untuk mengganggu khidmatnya puncak dari pesta demokrasi itu masih cukup menjadi ancaman.

"Saya mengimbau, sebagai bangsa besar marilah bersama-sama kita sambut pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden besok dengan khidmat," katanya saat dihubungi wartawan, Jumat (18/10/2019).

Dirinya menilai, proses pemilu memiliki tahapan yang semuanya telah berlangsung dengan baik dan menjadi ruang konstitusional seluruh masyarakat.

Selain itu pengambilan sumpah jabatan merupakan puncaknya sehingga harus juga dipastikan berlangsung lancar, aman dan damai.

"Mari kita sambut bersama pelantikan Jokowi-Ma'ruf dengan suka cita," terangnya.

Disisi lain, ketika terdapat masyarakat yang turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasi di tengah jalannya pelantikan sangat berpotensi disusupi kepentingan pihak lain.

"Sepengetahuan saya, aksi unjuk rasa tidak akan mendapatkan izin. Ini diskresi kepolisian yang menurut saya tepat diambil semata-mata untuk mencegah penyusupan dalam demo yang kita paham betul sangat mungkin terjadi," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani menjelaskan perihal pengaman ekstra tebal di area ring 1 dan 2 gedung DPR, MPR, dan DPD pada saat acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, 20 Oktober mendatang.

Menurut Puan, pengamanan merupakan dari tanggung jawab negara untuk memastikan jalannya acara pelantikan secara aman dan tertib. 

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved