Polisi Imbau Masyarakat Senantiasa Jaga Ketentraman Saat Rayakan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Kombes Budhi Herdi Susianto mengimbau masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan pada saat pelantikan presiden dan wakil presiden

Polisi Imbau Masyarakat Senantiasa Jaga Ketentraman Saat Rayakan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto, Jumat (18/10/2019), di Pademangan, Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengimbau masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan pada saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Minggu (20/10/2019) ini.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak membuat gaduh situasi di Jakarta Utara khususnya pada saat pelantikan itu.

Apalagi karena pelantikan ini, kata Budhi, adalah sebuah pesta rakyat, merayakan kehadiran pemimpin negara yang baru.

"Karena kegiatan pelantikan ini adalah pesta rakyat, pesta kita semua, jadi jangan membuat kita takut atau khawatir, bahkan nanti bisa mengganggu ataupun justru membuat orang lain takut," kata Budhi dalam apel gelar pasukan di Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (18/10/2019).

Masyarakat yang ingin merayakan pelantikan dengan cara lain dianggap sah-sah saja.

Namun demikian, tujuan merayakan pelantikan dan sikap menjaga keamanan saat 'berpesta rakyat' mesti selalu diperhitungkan.

"Kita berpesta tentunya kita harus sesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Artinya, kalo tadi misalnya disampaikan konvoi, kita harus jelas dulu, konvoi tujuannya apa. Artinya kita bergembira, tapi menghormati orang lain juga. Jangan sampai kegembiraan kita mengganggu orang lain," ucap Budhi.

Jelang Pelantikan Presiden, 500 Set Foto Terbaru Jokowi dan Maruf Amin Dijual di Pasar Baru

Berdasarkan informasi hingga hari ini, lanjut Budhi, belum ada laporan soal pergerakan massa dari Jakarta Utara hari Minggu nanti.

"Masyarakat Jakarta Utara cukup dewasa dan sangat mengerti terkait dengan situasi yang ada. Alhamdulillah sampai saat ini ya kita lihat masih cukup kondusif dan tidak ada informasi ataupun pergerakan yang bakal menuju daerah lain," ucap Budhi.

Adapun pada hari pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin nanti, sebanyak 2.300 personel gabungan dikerahkan berjaga di sekitaran Jakarta Utara.

Pengamanan dilakukan dalam tiga tingkatan, yakni eskalasi hijau atau pengamanan normal, eskalasi kuning atau pengamanan di perbatasan antara Jakarta Utara dan wilayah lainnya, serta eskalasi merah yang berarti pengamanan di objek vital sekitaran Jakarta Utara.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved