Ribuan Rumah di Banten Belum Teraliri Listrik, PLN Paparkan Penyebabnya

General Manager Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Doddy B Pangaribuan mengatakan masih ada 1.000 sampai 1.100 rumah di Banten belum teraliri listrik

Ribuan Rumah di Banten Belum Teraliri Listrik, PLN Paparkan Penyebabnya
Kompas.com
Ilustrasi Meteran Listrik 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, BABAKAN MADANG - General Manager Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Doddy B. Pangaribuan, mengatakan, masih ada 1.000 sampai 1.100 rumah di Banten belum teraliri listrik.

Padahal, pasokan listrik Banten masih surplus 40% dari kebutuhan.

Doddy mengatakan, bukan karena listrik belum sampai ke wilayah Banten, melainkan 1.00 rumah tersebut masih menggunakan listrik tetangga atau saudaranya.

"Kalau hari ini sekitar 1.000 sampai 1.100 rumah tangga yang belum teraliri listrik. Itupun sudah menikmati listrik tapi belum menjadi ppelanggan PLN," ujar Doddy pada acara "Nongkrong Bareng PLN dan Media" di Lorin Hotel, Sentul, Babakan Madang, Bogor, Sabtu (19/10/2019).

Pelantikan Presiden, Kawasan Wisata Monas Bakal Ditutup Sementara

Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana mengajak penghuni yang belum mandiri menggunakan listrik itu, bisa menjadi pelanggan PLN.

Menurut Doddy, sebenarnya masyarakat mampu membayar tagihan listrik bulanan, yang tidak sanggup adalah biaya pasang barunya.

"Mereka bisa membayar langganan bulanan tapi belum sanggup membayar uang pasang baru," jelasnya.

Relawan Jokowi Gelar Nonton Bareng Pelantikan Presiden di Taman Pandang Istana dan Patung Kuda

Doddy menargetkan tahun 2020 permasalahan itu sudah selesai. Pihaknyabakan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk bisa merealisasikan 100% pelanggan PLN.

Pasalnya, nyantol atau menumpang listrik ada bahayanya, utamanya terkait kabel yang kualitasnya jarang terpantau oleh si pemilik listrik.

Selain itu, orang yang menumpang listrik membayar biaya yang kerap lebih mahal dari pada membayar langsung ke PLN.

"Target kami tahun ini tidak ada lagi oenduduk banyen yang tidak berlistrik dan tidak nyantol dengan saudaranya," jelasnya. (*)

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved