Breaking News:

Pesawat Tempur hingga Rudal Anti Serangan Udara Siap Amankan Prosesi Pelantikan Presiden

Sejumlah alutsista dikerahkan oleh TNI AU dalam rangka mengamankan pelantikan presiden dan wakil presiden RI

Editor: Muhammad Zulfikar
ISTIMEWA/Dokumentasi Setneg
Foto resmi Jokowi-Ma'ruf Foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Maruf Amin. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Sejumlah alutsista dikerahkan oleh TNI AU dalam rangka mengamankan pelantikan presiden dan wakil presiden RI di Gedung DPR MPR RI Jakarta pada hari ini, Minggu (20/10/2019).

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara TNI Marsma TNI Fajar Adriyanto menyebutkan alutsista itu antara lain pesawat tempur F16 Fighting Falcon, pesawat intai Boeing B737, pesawat terbang tanpa awak (PTTA), pesawat VVIP/VIP, pesawat angkut C130 Hercules dan CN295, helikopter VVIP/VIP dan SAR, radar pertahanan udara, dan rudal anti serangan udara.

Ia menjelaskan, alutsista tersebut merupakan bagian dari Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan yang dibentuk oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Ia mengatakan, Posko Satgas berada di Markas Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dengan Komandan Satgas, Kolonel Pnb Iman Handoyo (Asisten Operasi Koopsau l).

Bakal Dilantik Hari Ini, Ini Perbedaan Total Harta dan Berbagai Sumber Kekayaan Jokowi - Maruf Amin

Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Sejumlah Ruas Jalan di Jakarta Pusat Ditutup

Personel yang terlibat dalam Satgas tersebut lebih kurang 500 personel yang terdiri dari penerbang, teknisi, radar, pengatur lalu lintas udara, Paskhas, polisi militer, intelijen, logistik dan kesehatan.

"Satgaspam TNI AU bertugas mengamankan wilayah udara nasional khususnya wilayah udara ibukota, mengamankan penerbangan dan pesawat khusus yang digunakan tamu-tamu negara, mengamankan perimeter bandara baik di Halim Perdanakusuma maupun Soekarno-Hatta, dan standby penyelamatan via udara dalam keadaan darurat," kata Fajar ketika dikonfirmasi Tribunnews.com pada Minggu (20/10/2019).

Ia mengatakan, KSAU beserta pejabat TNI AU juga telah memantau situasi wilayah udara nasional di Pusat Operasi Pertahanan Udara Nasional (Popunas) di Markas Kohanudnas, Halim Perdanakusuma Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pesawat Tempur F16 hingga Rudal Anti Serangan Udara Siap Amankan Jakarta saat Pelantikan Presiden

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved