Jokowi Prioritaskan Pembangunan SDM di Periode Kedua, PDIP: Terobosan Brilian

Darmadi Durianto menilai, program Jokowi di periode kedua pemerintahannya dengan menekankan akan pentingnya pembangunan SDM patut diacungi jempol.

Jokowi Prioritaskan Pembangunan SDM di Periode Kedua, PDIP: Terobosan Brilian
Tangkapan layar Kompas TV
Jokowi saat pelantikan dan pengambilan sumpah presiden untuk periode 2019-2024, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul akan menjadi program prioritas presiden Jokowi dalam pemerintahannya yang kedua.

Hal tersebut diutarakan Jokowi dalam pidato kenegaraannya di gedung parlemen pasca pengukuhan dirinya sebagai presiden RI untuk periode 2019-2024.

Menanggapi pidato Jokowi tersebut, politikus PDIP Darmadi Durianto menilai, program Jokowi di periode kedua pemerintahannya dengan menekankan akan pentingnya pembangunan SDM patut diacungi jempol.

"Ditengah kompetisi global yang makin ketat maka sudah tepat langkah pak presiden dengan mengupgrade kualitas sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif agar punya daya saing yang mumpuni," kata Bendahara Megawati Institute itu kepada wartawan di Jakarta, Senin (21/10/2019)

Menurutnya, limpahan bonus demografi harus dijadikan tantangan dan peluang yang dapat berkontribusi banyak terhadap pembangunan negara ini kedepannya.

"Dengan memprioritaskan pembangunan SDM ditengah limpahan bonus demografi kita saat ini saya kira itu adalah terobosan yang sangat brilian. Bangsa ini harus menjadi bangsa yang unggul, jadi bangsa yang berdikari dalam mengelola sumber daya alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke ini," tutur Legislator dari dapil III DKI Jakarta itu.

Kendati demikian, Darmadi juga menekankan agar program tersebut dapat terlaksana dengan baik maka pemerintah perlu mempersiapkan infrastruktur yang memadai guna menopang cita-cita tersebut.

Kepala Daerah Ini Mendadak Jadi Perbincangan karena Pamit kepada Warganya, Sinyal Jadi Menteri?

"Pendidikan sebagai infrastruktur utama dalam mensukseskan pembangunan SDM mesti dibangun untuk menopang program tersebut," ujarnya.

Menurutnya lagi, pemerintah juga mesti memperhatikan berbagai persoalan yang selama ini masih perlu perhatian serius.

"Misalnya soal stunting, pemerintah mesti menurunkan angka stunting. Pendidikan vocational dinaikkan. Kurikulum pendidikan disesuaikan dengan situasi saat ini karena saat ini masa penuh dengan disrupsi. Pemerataan kualitas pendidikan disemua wilayah," ujarnya.

Untuk diketahui, dalam pidato kenegaraannya di DPR kemarin, Jokowi salah satunya akan menggenjot pembangunan SDM sebagai program prioritas dalam periode kedua pemerintahannya.

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved