Basarnas Sinergikan Penanganan Kecelakaan Laut di Teluk Jakarta dan Kepulauan Seribu

Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jakarta menggelar Rapat Koordinasi SAR Tahun 2019, Selasa (22/10/2019).

Basarnas Sinergikan Penanganan Kecelakaan Laut di Teluk Jakarta dan Kepulauan Seribu
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jakarta menggelar Rapat Koordinasi SAR Tahun 2019, Selasa (22/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jakarta menggelar Rapat Koordinasi SAR Tahun 2019, Selasa (22/10/2019).

Rapat koordinasi ini membahas masalah sinergitas dalam penanganan kecelakaan kapal di Teluk Jakarta dan Kepulauan Seribu.

Deputi Bidang Operasi SAR dan Kesiapsiagaan Basarnas, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan acara ini sekaligus meningkatan koordinasi antar stakeholder.

Selain Basarnas, Pemprov DKI Jakarta, Pemkab Kepulauan Seribu, serta TNI-Polri juga terlibat dalam penanganan kecelakaan laut.

"Belajar dari pengalaman menghadapi berbagai kecelakaan dan bencana selama ini, maka dalam rangka penyelenggaraan pencarian dan pertolongan harus dilaksanakan secara terencana dan terintegrasi," kata Nugroho di The Media Hotel, Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat.

Nugroho menilai, penanggulangan bencana, terutama di lautan, perlu ditangani secara multisektor, terpadu, dan terkoordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Nugroho juga mengatakan bahwa penguatan serta latihan SAR bersama secara berkesinambungan juga diperlukan.

"Hal ini agar tercipta koordinasi yang optimal baik sebelum terjadinya kecelakaan maupun saat penyelenggaraan Operasi SAR. Sehingga pengelolaan pencarian dan pertolongan dapat dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh," tegas Nugroho.

Lupakan Kemenangan di Kandang PSM, Edson Tavares Punya Misi Khusus di Kandang PSS Sleman

Kasudin Perhubungan Jakarta Selatan Tegaskan Taman dan Trotoar Bukan Tempat Parkir

Adapun acara ini mengusung tema 'Tingkatkan Profesionalisme dan Sinergitas dalam Pelayanan Operasi SAR terhadap Kecelakaan Kapal di Wilayah Teluk Jakarta dan Kepulauan Seribu'.

Ke depan, dengan adanya sinergitas antar stakeholder, Nugroho berharap tuntutan masyarakat soal kerja tim SAR akan dijalankan lebih baik lagi.

"Tuntutan masyarakat akan kerja tim SAR harus kita respon dengan baik dan kita ambil sebagai dorongan positif untuk selalu berlatih dan bekerja secara profesional, sinergi, dan militan," ucapnya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved