Ingin Seperti Permaisuri: Selir Raja Thailand Dicopot, Segala Penghargaan Militer Juga Dicabut

Sineenat dicopot gelarnya sebagai selir karena dianggap tak setia dan tak tahu berterima kasih pada Raja Thailand

Ingin Seperti Permaisuri: Selir Raja Thailand Dicopot, Segala Penghargaan Militer Juga Dicabut
KOMPAS.com/Dhawam Pambudi
Infografik: Sineenat Wongvajirapakdi Selir Raja Thailand Maha Vajiralongkorn 

TRIBUNJAKARTA,COM, BANGKOK - Selir Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, Sineenat Wongvajirapakdi, dicopot gelarnya karena disebut ingin seperti permaisuri.

Dikenal dengan panggilan Koi, Sineenat dianugerahi gelar Chao Khun Phra saat ulang tahun Raja Vajiralongkorn yang ke-67 pada 28 Juli lalu.

Mantan perawat kerajaan berusia 34 tahun itu menjadi perempuan pertama yang mendapat gelar Chao Khun Phra dalam 100 tahun terakhir.

Namun, kerajaan mengumumkan Sineenat dicopot gelarnya sebagai selir karena dianggap "tak setia dan tak tahu berterima kasih pada Raja Thailand".

Selain itu dikutip Royal Gazette via AFP Senin (21/10/2019), Sineenat juga menentang penunjukan Ratu Suthida sebagai permaisuri demi ambisi pribadi.

"Aksinya tidak menunjukkan penghormatan pada raja dan tidak memahami tradisi kerajaan," demikian keterangan yang dirilis istana.

Perempuan yang mempunyai pangkat Mayor Jenderal itu juga disebut berusaha menaikkan posisinya supaya setara dengan Permaisuri Suthida.

Perilakunya dianggap tak menghormati Raja Thailand, dan menyebabkan perpecahan serta kesalahpahaman di antara kerabat kerajaan dan publik.

Karena itu selain mendapat hukuman pencopotan Chao Khun Phra, berarti Selir Kerajaan, segala penghargaan militer juga dicabut.

Pada akhir Agustus, serangkaian foto Sineenat dan Raja Vajiralongkorn dalam berbagai kesempatan dipublikasikan oleh situs istana.

Halaman
12
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved